Di Malang, Anak Usia 13 Tahun Boleh Bekerja

Aditya Mahatva Yodha    •    Jumat, 16 Sep 2016 17:01 WIB
pekerja anak
Di Malang, Anak Usia 13 Tahun Boleh Bekerja
Ilustrasi. Foto: Antara/Anis Efizudin

Metrotvnews.com, Malang: Dalam waktu dekat pemerintah Kabupaten Malang bakal mempersilakan anak berumur 13-16 tahun bekerja mencari uang. Hal itu memungkinkan jika Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan 2016 disahkan.

"Di dalam raperda itu, anak usia 13-16 tahun bisa bekerja maksimal tiga jam per hari," kata Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Kusmantoro Widodo, kepada Metrotvnews.com, di ruang Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Jalan Panji, Jumat (16/9/2016).

Anak usia ABG itu juga dibebaskan untuk bekerja kapan pun, baik sebelum maupun sepulang sekolah. Dengan catatan tidak mengganggu kegiatan belajar.

Raperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan juga mengatur mengenai bidang pekerjaan yang bisa dilakukan para difabel.

Difabel diberi kesempatan bekerja di bidang yang sama dengan upah yang setara. "Namun, penempatan kerjanya dikhususkan. Misalnya di perusahaan konveksi, mereka diprioritaskan menjadi staf administrasi komputer atau operator telepon," kata dia.

Di raperda juga ditekankan untuk setiap 100 tenaga kerja, perusahaan harus menempatkan satu pekerja difabel.

UU Ketenagakerjaan tak melarang anak berumur antara 13 hingga 15 tahun bekerja. Di Pasal 69 ayat 1 diatur anak boleh bekerja sepanjang tidak mengganggu perkembangan dan kesehatan fisik, mental, dan sosialnya. Di ayat 2 diperinci lagi kalau anak boleh bekerja dengan syarat mendapat persetujuan orang tua dan menerima upah sesuai ketentuan yang berlaku.


(UWA)