Banjir di Mojoagung Capai 2 Meter

Nurul Hidayat    •    Rabu, 20 Dec 2017 01:24 WIB
bencana banjir
Banjir di Mojoagung Capai 2 Meter
Banjir di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung capai 2 meter. Foto: Medcom.id/Nurul Hidayat

Jombang: Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung mengalami dampak banjir tahunan paling parah dari beberapa desa yang terdampak banjir luapan sungai Panjer dan Sungai Gunting. Ketinggian air di desa ini mencapai dua meter atau setara atap rumah warga.

"Di Dusun Pekunden dan sawahan Desa Kademangan paling parah. Ketingian air mencapai dua meter, sedangkan ditempat lain bervariasi," ujar sekertaris BPBD Kabupaten Jombang, Ahmad Saichul Jabara di Balai Desa Kademangan, Rabu, 20 Desember 2017 dini hari.

Ia menunturkan, kemungkinan air masih bisa bertambah tinggi. Sebab, sisa air hujan dari wilayah hulu masih terus turun kebawah.

Baca: Tiga Kecamatan di Jombang Dilanda Banjir Akibat Hujan Deras

"Untuk kondisi terbarunya nanti akan diperbarui lagi, ini lagi persiapan untuk evakuasi pengungsi yang ada di Balai Desa Kademangan dipindahkan ke ruang terbuka hijau Mojoagung," imbuhnya.

Sementara itu, pantauan Medcom.id di ruang terbuka hijau (RTH) BPBD dan Kementrian Sosial tengah menyiapkan tenda pengungsian untuk para pengungsi banjir tahunan di Kecamatan Mojoagung. 

Banjir tahunan Mojoagung terjadi akibat luapan Sungai Panjer dan Sungai Gunting yang tak kuasa menahan derasnya debit air. Intesitas hujan yang tinggi di kawasan dua hulu sungai tersebut membuat banjir di Kecamatan Mojoagung semakin parah.



(DMR)