Aksi Protes Tambang Bikin Macet Jalur Surabaya-Banyuwangi

Abdus Syukur    •    Senin, 25 Dec 2017 16:01 WIB
unjuk rasa
Aksi Protes Tambang Bikin Macet Jalur Surabaya-Banyuwangi
Ilustrasi tambang liar, Medcom.id - Rakhmat Riyandi

Pasuruan: Ratusan orang memblokade jalan di Kecamatan Nguling, Pasuruan, Jawa Timur. Kemacetan pun terjadi di jalur yang menghubungkan Surabaya dengan Banyuwangi, Senin siang, 25 Desember 2017. 

Mereka menyuarakan protes terhadap aktivitas tambang liar di Desa Sumberanyar, Kecamatan Nguling. Mereka menilai aktivitas tambang merusak lingkungan.

"Kami tidak menolerir keberadaan tambang liar. Karena merusak lingjungan dan ekosistem di tempat kami. Jalan jadi rusak. Kami menuntut pemerintah bertindak tegas dan menutupnya," ujar koordinator aksi, Eko Suryono.

Aksi warga mengakibatkan lalu lintas macet. Antrean sepanjang lebih tujuh kilometer terjadi di dua arah.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo turun langsung menemui warga. Ia meminta warga mengakhiri aksi protes. Kapolres berjanji menyampaikan aksi protes tersebut ke Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Pasuruan. 

"Kami sudah mengimbau warga agar tidak mengganggu fasilitas umum dengan memblokir jalan. Karenanya kami akan segera mengkoordinasikan masalah yang  disampaikan warga dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Sehingga bisa diambil tindakan tegas atas keberadaan tambang yang diduga liar itu," kata Kapolres.


(RRN)