PPP Dukung Khofifah Bila Kadernya Jadi Wakil

Amaluddin    •    Selasa, 17 Oct 2017 21:24 WIB
pilkada serentakpilgub jatim 2018
PPP Dukung Khofifah Bila Kadernya Jadi Wakil
Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa. Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Surabaya: DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Timur siap mendukung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur (cagub) di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Syaratnya, Khofifah harus mau menggandeng kadernya, Musyaffak Noer, jadi wakil.

"Ini hasil musyawarah kerja wilayah (Muskerwil) PPP Jatim beberapa waktu lalu. PPP sepakat mendukung dan bergabung dengan koalisi parpol pendukung Khofifah, jika cawagubnya pak Musyaffak," kata Bendahara PPP Jatim, Habib Mahdi, dikonfirmasi, Selasa 17 Oktober 2017.

PPP tengah menunggu jawaban dari Khofifah. Jika syarat itu dipenuhi, PPP akan segera memutuskan untuk bergabung mendukung dan mengusung Khofifah di Pilgub Jatim.

"Jika beliau (Khofifah-red) mau menerima syarat cawagubnya dari PPP, maka kami segera merapat ke Khofifah," ujarnya.

Jika Khofifah menolak syarat tersebut, PPP telah menyiapkan opsi kedua. Yakni memunculkan figur baru untuk mencari cagub alternatif selain nama Gus Ipul dan Khofifah. PPP bakal menjalin komunikasi dengan parpol poros tengah seperti Gerindra, PAN dan PKS.

PPP hanya memiliki lima kursi di DPRD Jatim. Mereka belum memenuhi syarat untuk mengusung kandidat cagub/cawagub di Pilgub Jatim. Kandidat bisa diusung bila memiliki 20 kursi.

PPP harus berkoalisi dengan partai lainnya untuk bisa memenuhi syarat tersebut. Itu bisa terealisasi jika PPP berkoalisi dengan Gerindra dengan memiliki 13 kursi dan PAN 7 kursi.


(SUR)