Risma Bawa 'Oleh-oleh' Mobil Damkar dari Jepang

Amaluddin    •    Jumat, 20 Oct 2017 20:13 WIB
Risma Bawa 'Oleh-oleh' Mobil Damkar dari Jepang
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: Antara/M Adimaja

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya akan mendapatkan bantuan mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Kochi, Jepang. Pembahasan bantuan mobil pemadam kebakaran tersebut menjadi salah satu “oleh-oleh” Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, setelah berkunjung ke Jepang pada pekan lalu.

"Di Jepang saya mampir ke Kochi. Salah satunya untuk menyampaikan tentang mobil pemadam kebakaran yang tidak terpakai di Kota Kochi," kata Risma, sapaan akrabnya, di Balaikota Surabaya, Jumat 20 Oktober 2017.

Risma belum mengetahui berapa jumlah bantuan mobil pemadam kebakaran yang bakal diterima Pemkot Surabaya. Namun, mobil pemadam kebakaran di Kota Kochi kondisinya masih bagus karena jarang terpakai akibat frekuensi kebakaran di Kochi rendah.

"Meski bekas, tapi kondisinya masih bagus karena memang jarang dipakai. Karena di sana jarang sekali ada kebakaran. Selama lima tahun, ada yang masih di bawah 1.000 kilometer (operasinya)," kata Risma.

Dalam kunjungannya ke Kota Kochi, Risma mengaku melihat langsung bagaimana praktek pemadaman kebakaran petugas pemadam di Kochi. Dibandingkan dengan Kochi, petugas Damkar di Surabaya tidak kalah sigap.

"Melihat cara prakteknya mereka, anak-anak (petugas pemadam kebakaran di Surabaya) tidak kalah. Tetapi mereka tempat kerjanya sangat bersih," ujarnya.

Pada 9 Juli 2017, Pemerintah Kochi datang ke Surabaya dalam rangka peringatan 20 tahun sister city di antara kedua kota. Pemerintah keduanya sepakat di tahun ke-20 nanti kerjasama antar kedua instansi tersebut akan semakin meningkat.

"Salah satunya terkait kebutuhan mobil pemadam kebakaran kota Surabaya akan dibantu oleh pemerintah kota Kochi," ujarnya.
(SUR)