33 Rumah Tercatat Rusak Akibat Gempa di Situbondo

Antara    •    Minggu, 14 Oct 2018 11:04 WIB
Gempa Situbondo
33 Rumah Tercatat Rusak Akibat Gempa di Situbondo
Petugas TNI dan Polri mendata rumah warga yang terdampak gempa di Kecamatan Nonggunong, Kepulauan Sepudi, Sumenep, Jatim, Kamis (11/10). ANTARA FOTO/Polres Sumenep.

Jember: Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mencatat ada 33 rumah warga di enam kecamatan dan dua musala rusak akibat gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

"Setelah dilakukan pendataan secara menyeluruh, jumlah bangunan di
Jember yang rusak akibat gempa Situbondo sebanyak 35 unit yang
dikategorikan menjadi tiga yakni rusak berat, sedang, dan ringan," kata
Kepala BPBD Jember Rosyid Zakaria melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Heru Widagdo, Minggu, 14 Oktober 2018.

Baca: BNPB: Tiga Orang Meninggal Tertimpa Reruntuhan di Sumenep

Heru menjelaskan, sebanyak delapan rumah mengalami kerusakan ringan, 20 rusak sedang, dan tiga unit rumah rusak berat, serta dua musala mengalami kerusakan berat dan ringan.

"Kerusakan rumah akibat gempa tersebut menyebar di sejumlah kecamatan yakni Kecamatan Mumbulsari, Tempurejo, Sukorambi, Kaliwates, Patrang, dan Arjasa," jelas Heru.

Secara rinci tercatat satu rumah rusak di Kecamatan Mumbulsari, dua
rumah di Kecamatan Tempurejo, 16 rumah dan satu musala di Kecamatan Sukorambi, 12 rumah dan satu musala di Kecamatan Kaliwates, satu rumah di Kecamatan Patrang, dan satu rumah di Kecamatan Arjasa.

"Kami juga sudah menyalurkan bantuan kepada korban yang terdampak
gempa bumi yakni meliputi 40 paket sembako, 32 paket sandang, 32 tikar, 18 terpal, dan 32 selimut, sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban korban," beber Heru.

Baca: Korban Gempa Situbondo Trauma Masuk Rumah

Gempa bumi dengan kekuatan 6,3 Skala Richter terjadi pada Kamis, 11 Oktober pukul 01.44 WIB dengan koordinat 7,47 LS dan 114,47 BT dengan kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi  tsunami.

Titik pusat gempa bumi tersebut berada 61 km timur laut Situbondo, Jawa Timur, 83 km Tenggara Sumenep, Jatim, 87 km timur laut Kabupaten Bondowoso, 161 km barat laut Denpasar, Bali, dan 860 km tenggara Jakarta.


(DEN)