Pembobol Rumah di Sidoarjo Ditangkap

Syaikhul Hadi    •    Senin, 29 Aug 2016 14:18 WIB
pencurian
Pembobol Rumah di Sidoarjo Ditangkap
Kasat Reskrim Polres Sidoarjo, AKP Wahyudin Latief ( tengah) menunjukkan barang bukti dan tiga tersangka pencuri rumah (Foto: MTVN/Syaikhul Hadi)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Tiga pencuri spesialis rumah kosong dibekuk aparat Satuan Reserse Kriminal Polres Sidoarjo, Jawa Timur. Pelaku ditangkap setelah membobol sedikitnya delapan rumah di kawasan Pondok Tjandra, Kecamatan Waru, Sidoarjo.

Tiga pencuri itu yakni Toib, 20; Moto Ib, warga Kabupaten Sampang; serta Munadi, 41, warga Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Mereka ditangkap di sebuah rumah indekos di kawasan Bungurasih, Sidoarjo.

"Di kawasan Pondok Tjandra sendiri, sudah ada delapan TKP yang sudah dibobol," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Sidoarjo AKP Wahyudin Latif di Markas Polres Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (29/8/2016).

Aksi pencurian itu diawali dengan pengintaian pada rumah sasaran. Setelah dipastikan kosong alias ditinggal penghuninya, pelaku memanjat rumah target menggunakan tali lalu mencungkil jendela.

Setelah masuk, pelaku lain bertugas memantau situasi. Sedangkan pelaku lainnya menguras barang berharga dari rumah korban. Di antaranya emas, perhiasan, barang elektronik, ponsel, jam tangan, dan lain-lain.

"Mereka tidak memiliki pekerjaan tetap. Barang hasil pembobolan, mereka jual di kawasan Madura. Bisa dimungkinkan lebih dari 8 TKP yang pernah dibobol," kata dia.

Polisi menyita barang bukti yakni alat untuk membobol rumah, dua kendaraan bermotor, dan sisa hasil curian. Para pelaku akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman penjara paling lama tujuh tahun.


(TTD)