Gerhana Matahari Sambangi 8 Wilayah di Jatim

Aditya Mahatva Yodha    •    Kamis, 01 Sep 2016 09:57 WIB
gerhana matahari
Gerhana Matahari Sambangi 8 Wilayah di Jatim
Gerhana Matahari cincin tampak di Lampung pada Senin (26/1/2009). (Ant/Rezza Estily)

Metrotvnews.com, Malang: Gerhana Matahari cincin (GMC) akan terjadi di 124 kota di 10 provinsi, Kamis 1 September. Antara lain, Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

Kepala Stasiun Klimatologi Karangploso, Malang, Jawa Timur, Hartanto mengatakan, di Jawa Timur ada delapan daerah yang bisa melihat fenomena langka ini.

"Hanya delapan daerah di Jawa Timur, yang bisa mengamati GMC yaitu Pacitan, Ngawi, Ponorogo, Magetan, Madiun, Caruban, Trenggalek, dan Tulungagung," tutur Hartanto kepada Metrotvnews.com.

Di luar 10 provinsi yang disebutkan, daerah tersebut tidak akan ikut merasakan gerhana tersebut.

"Seperti di Malang juga tidak akan terkena dampak GMC," sambung Hartanto.

Gerhana dimulai saat kontak pertama terjadi, yaitu ketika piringan Bulan (lingkaran putih dengan garis putus-putus) mulai menutupi piringan Matahari (lingkaran kuning).

Seiring berjalannya waktu, piringan matahari yang tergerhanai akan semakin besar hingga mencapai puncaknya yang disebut sebagai puncak gerhana.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, waktu kejadian gerhana di setiap lokasi akan berbeda-beda. Kontak pertama GMC di Indonesia adalah di Pacitan yang terjadi pukul 17.26 WIB, yang selanjutnya menyebar ke daerah lain.

Karena terjadi sore hari, semua lokasi di Pulau Jawa dan Kalianda Lampung hanya terlewati oleh kontak pertama saja untuk kemudian Matahari terbenam.

Puncak GMC akan pertama kali teramati di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pukul 17.52 WIB untuk selanjutnya menyebar ke lokasi lain di Sumatera. Sementara durasi GMC paling lama akan terjadi di Kota Manna, Bengkulu selama 34 menit 30 detik.

GMC akan selesai paling akhir di Kepahingan, Bengkulu pukul 18.06 WIB.


(SAN)