Bandara Juanda Siap Terima Penerbangan Terkena Dampak Erupsi Gunung Agung

Syaikhul Hadi    •    Senin, 25 Sep 2017 16:02 WIB
erupsi gunung agung
Bandara Juanda Siap Terima Penerbangan Terkena Dampak Erupsi Gunung Agung
Landasan pacu di Bandara Juanda Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Status Gunung Agung meningkat dari Siaga menjadi Awas. Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, menyatakan siap menampung pengalihan penerbangan dari Bali bila Gunung Agung meletus.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda, Yuwono, mengatakan informasi status Gunung Agung didapat dari koordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Otoritas Bandara Juanda terus berkoordinasi mengenai penanganan erupsi Gunung Agung.

"Tapi saat ini masih belum mengganggu aktivitas penerbangan," ujar Yuwono di Surabaya, Senin 25 September 2017.

Otoritas Juanda, lanjut Yuwono berkoordinasi dengan bandara lain untuk menampung penerbangan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Juanda juga menyediakan 12 slot penerbangan peralihan dari Bali.

"Itu dilakukan bila Bandara Ngurah Rai ditutup, dampak dari letusan Gunung Agung," lanjut Yuwono.

Selain Juanda, penerbangan juga akan dialihkan ke bandara lain. Misal Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan Bandara Internasional Lombok.

Juanda juga berkoordinasi dengan beberapa instansi lain, seperti AirNav dan maskapai penerbangan untuk mengantisipasi dampak letusan. Juanda juga bekerja sama dengan Organda dan DAMRI untuk transportasi darat penumpang yang batal terbang ke Bali akibat bencana alam tersebut.


(RRN)