Pecandu Narkotika di Surabaya Berusia 14 hingga 20 Tahun

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Jumat, 21 Jul 2017 18:00 WIB
pemberantasan narkoba
Pecandu Narkotika di Surabaya Berusia 14 hingga 20 Tahun
Peresmian Rumah Sehat Rehabilitasi Orbit di Perumahan Margorejo Indah, Kota Surabaya, MTVN - Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Tren jumlah pecandu narkotika di Surabaya, Jawa Timur, mengkhawatirkan. Rata-rata, pecandu masih berusia produktif mulai 14 hingga 20 tahun.

Hal itu disampaikan Yayasan Orbit Surabaya yang memiliki fokus rehabilitasi pecandu narkoba di Kota Surabaya. Tren pecandu narkoba di Surabaya meningkat dan rata-rata adalah anak-anak.

"Untuk usia produktif secara pasti jumlahnya berapa belum kami pastikan. Namun, rata-rata para pecandu itu dari beberapa kasus yang kami tangani memang usianya masih produktif," kata Munif Mujianto, Koordinator Rehabilitasi Yayasan Orbit Surabaya, di sela-sela peresmian Rumah Sehat Rehabilitasi Orbit di Perumahan Margorejo Indah, Kota Surabaya, Jumat 21 Juli 2017.

Dijelaskan Munif, di tahun 2016 pihaknya menangani sebayak 500 pasien pecandu narkoba yang direhabilitasi. Sementara hingga Juli 2017 Yayasan Orbit telah menerima sebanyak 316 pasien yang direhab. Mereka ada yang rawat inap ada pula yang rawat jalan.

"Mereka para pecandu narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Napza). 80 persen pecandu menggunakan sabu-sabu," ungkap dia.

Dengan adanya rumah rehab ini, Munif berharap, para pecandu narkoba bisa membawa ke Yayasan Orbit. Sebab, selama ini para korban narkoba enggan melakukan rehab lantaran ada kesan menyeramkan saat rehabilitasi.

"Kami sediakan kamar-kanar dan fasilitas. Untuk pembinaan saat rehan kami juga sangat humanis dan profesional," jelasnya.


(RRN)