Sejumlah Rumah di Malang & Jember Rusak Akibat Gempa

Amaluddin    •    Kamis, 17 Nov 2016 13:14 WIB
gempa
Sejumlah Rumah di Malang & Jember Rusak Akibat Gempa
Petugas mencatat melalui alat pengukur gempa seismometer digital, di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofika, Stasiun Geofisika III Karangkates, Malang, Jawa Timur, Kamis (9/6). Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto

Metrotvnews.com, Surabaya: Selain di Kabupaten Jember, gempa 6,2 skala Richter yang terjadi tadi malam juga merusak sejumlah rumah di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyebut ada tiga rumah rusak di tiga kecamatan.

"Berdasarkan laporan yang kami (BPBD Jatim) terima, untuk sementara ada tiga rumah di Malang dan empat rumah rusak di Jember," kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Sudarmawan, dalam pesan singkatnya kepada Metrotvnews.com, Kamis (17/11/2016).

Ketiga rumah warga antara lain rumah milik Subur, warga RT 27 RW 07 Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung. Sebelum terjadi gempa, kondisi tembok rumah retak. "Sehingga, saat terjadi gempa, teras rumah roboh," kata Darmawan.

Dua rumah lainnya yang mengalami rusak berat, yakni rumah milik Satimah warga RT 10 RW 04, Desa Tamankuncaran, Kecamatan Tirtoyudo.

Baca: Gempa Malang tak Berpotensi Tsunami

Dari kedua rumah tersebut, menurut Darmawan, rumah milik Markuwat warga RT 12 RW 02, Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, mengalami kerusakan paling parah.

"Atap rumah ambruk. Saat ini penghuni sudah diungsikan ke rumah tetangga. Kami belum tahu berapa jumlah kerugian akibat musibah gempa ini," katanya.

Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Jember. Sebanyak empat rumah warga rusak berat dan ringan. Satu rumah rusak berat yakni milik Hasan warga Desa Tegalwaru, Kecamatan Mayang. Rumah berukuran 6x8 meter roboh total. Perabot rumah tangga dan satu sepeda motor rusak.

Baca: Lima Detik Guncangan Gempa Bikin Warga Panik

Sementara tiga rumah warga lainnya mengalami rusak ringan dan sedang. Yakni, rumah warga di Kecamatan Gumukmas dan dua rumah warga rusak sedang di Kecamatan Puger. 

Rabu, 16 November 2016, sekira pukul 22.25 WIB, gempa mengguncang beberapa wilayah di Jatim dan sekitarnya. Keterangan BMKG, pusat gempa terjadi di 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 69 kilometer.

Guncangan gempa juga terjadi di 136 kilometer barat daya Kabupaten Lumajang, 142 kilometer barat daya Kabupaten Jember, 232 kilometer tenggara Kota Surabaya, dan 782 kilometer tenggara Jakarta.

 


(UWA)