Kantor KPU Jatim Sepi

Amaluddin    •    Senin, 08 Jan 2018 17:01 WIB
pilgub jatim 2018
Kantor KPU Jatim Sepi
Suasana di KPU Jatim di hari pertama pendaftaran Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Senin, 8 Januari 2018, Medcom.id - Amaluddin

Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur tampak sepi pada hari pertama pendaftaran calon gubernur-wakil gubernur, Senin, 8 Januari 2018. Tak satupun pasangan calon yang mendaftar.

"Belum ada yang mendaftar hari ini," kata Ketua KPU Jatim Eko Sasmita di Surabaya, Senin, 8 Januari 2018.

Eko menyatakan sudah siap menyambut kedatangan pasangan calon. Namun ia belum mendapat kabar mengenai kedatangan pasangan calon ke KPU untuk mendaftar.

Sementara itu, pantauan Medcom.id, puluhan polisi bersiaga di depan pintu masuk kantor KPU yang berlokasi di Jalan Tenggilis itu. Kawat berduri disiapkan di sekitar kantor.

Eko menjelaskan pendaftaran dilakukan hingga dua hari ke depan. Pendaftaran hari terakhir dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 24.00 WIB.

Hingga berita ini dimuat, dua nama disebut sebagai calon gubernur Jatim. Yaitu Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa. 

Gus Ipul sedianya berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas. Dua partai sudah mendeklarasikan dukungan untuk pasangan tersebut yaitu PDI Perjuangan dan PKB.

Tapi, pada 6 Januari 2018, Anas mengembalikan mandat penugasan sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur ke DPP PDI Perjuangan. Anas resmi mundur dari pencalonan. Sehingga Gus Ipul harus mencari pengganti Anas.

Baca: Azwar Anas Kembalikan Mandat untuk Pilgub Jatim

Sedangkan Khofifah menggandeng Emil Elestianto Dardak sebagai calon wakil gubernur. Khofifah merupakan Menteri Sosial RI. Sedangkan Emil kini bertugas sebagai Bupati Trenggalek.


(RRN)