Soekarwo Tunjuk Penjabat di Tujuh Kabupaten

Amaluddin    •    Rabu, 07 Feb 2018 15:46 WIB
pemerintah daerah
Soekarwo Tunjuk Penjabat di Tujuh Kabupaten
Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Medcom.id - Amaluddin

Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyiapkan nama-nama penjabat di tujuh kabupaten di Jawa Timur. Ini lantaran masa jabatan kepala daerah di tujuh daerah tersebut akan berakhir Februari ini.

"Kami telah mengusulkan tujuh nama penjabat kepala daerah kepada Mendagri. Sekarang masih menunggu surat keputusan untuk selanjutnya digelar pelantikan," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, di Surabaya, Rabu, 7 Februari 2018.

Tujuh kabupaten yang dimaksud adalah kepala daerah yang memasuki akhir masa jabatan sebelum pilkada serentak, 27 Juni 2018. Yaitu Kabupaten Probolinggo (akhir masa jabatan 20 Februari 2018), Sampang (26 Februari 2018), Bangkalan (4 Maret 2018), Bojonegoro (12 Maret 2018), Nganjuk (16 April 2018), Pamekasan (22 April 2018), dan Tulungagung (30 April 2018).

Pakde Karwo belum bisa memastikan kapan pelantikan ketujuh penjabat itu, mengingat pihaknya saat ini masih menunggu SK Mendagri, termasuk nama-nama yang akan ditunjuk mengelola pemerintahan di tujuh daerah tersebut. Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga merahasiakan siapa nama ketujuh penjabat tersebut.

"Saya belum bisa sebutkan nama mereka karena menunggu SK Menteri, termasuk teknis pelantikannya seperti apa. Tapi, nanti dilakukan bersama-sama di gedung negara Grahadi dalam pekan ini," tuturnya.

Mantan Sekdaprov Jatim tersebut mengatakan, sesuai persyaratan dan peraturan perundang-undangan, penjabat bupati nantinya adalah pejabat tinggi pratama atau setara eselon II. Penjabat tersebut akan diisi oleh pejabat di lingkungan pemprov Jatim yang pernah menjabat sebagai penjabat kepala daerah.

"Yang menjadi prioritas mereka yang memiliki pengalaman. Syarat undang-undangnya seperti itu, yaitu pejabat tinggi pratama dan dicari yang berpengalaman di pemerintahan," katanya.



(ALB)