Khawatir Banjir Susulan, Jalan Raya Porong Ditutup

Syaikhul Hadi    •    Senin, 21 Jan 2019 18:42 WIB
bencana longsorbencana banjir
Khawatir Banjir Susulan, Jalan Raya Porong Ditutup
Banjir disejumlah kawasan seperti di Jalan Jati, depan Lippo Plaza Sidoarjo, dan Banjir di kawasan Perumahan Sidokare Sidoarjo.

Sidoarjo: Jalan utama akses penghubung Surabaya-Malang, Jalan Raya Porong ditutup. Alasannya, kondisi cuaca dikhawatirkan menyebabkan banjir. 

"Hari ini, Jalan Raya Porong mau kita tutup kembali karena cuaca," ujar Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar, Senin, 21 Januari 2019. 

fahrian mengatakan, sejak tiga hari lalu kawasan tersebut sudah ditutup. Hanya saja, sejak pagi tadi jalan tersebut sempat dibuka lantaran intensitas genangan air mulai menurun. 

"Pengendara roda dua tadi sudah bisa melintas. Tapi saat ini kan sudah hujan kembali. Dikhawatirkan terjadi banjir susulan," terangnya. 

Akibat penutupan tersebut, para pengendara roda dua maupun roda empat dialihkan ke jalur arteri Porong. Penutupan tersebut tidak hanya dilakukan diakses jalur Surabaya melainkan sebaliknya. 

"Tentunya, akan kami buka kembali setelah air mulai menurun," tandasnya. 

Sejak beberapa hari ini, Kabupaten Sidoarjo dilanda hujan deras dan angin kencang. Beberapa kawasan di Sidoarjo tergenang banjir. 

Informasi yang berhasil dihimpun, daerah-daerah yang terendam banjir itu paling banyak terjadi di Kecamatan Gedangan. Seperti di Desa Ketajen, Seruni, Desa Keboan Sikep, Karangbong, Keboan Anom, Semambung, Ganting, Desa Tebel, Bangah, dan Sawotratap.

Di Kecamatan Buduran, banjir melanda Desa Banjar Kemantren. Sedangkan di Kecamatan Sedati, Banjir menggenangi Desa Pabean, Sedati Agung, dan Jalan Raya Juanda. 

Banjir juga melanda sejumlah daerah di Kecamatan Waru. Di antaranya di Desa Kedungrejo, Tambah Sawah, Desa Wedoro, Medaeng, dan Bungurasih.

Di Kecamatan Krian, banjir terjadi di jalan bypass Krian. Sedangkan di Kecamatan Sukodono banjir merendam Desa Sukolegok dan Desa Masangan Wetan.

Di Kecamatan Wonoayu banjir melanda Desa Becirongengor, sedangkan di Kecamatan Taman, yang terkena banjir adalah Desa Wage, dan Desa Geluran. Selain menggenangi jalan, air juga sudah merendam di berbagai rumah penduduk di sejumlah wilayah tersebut. 


(ALB)