Peserta Lolos Tes CPNS di Sumenep Tak Penuhi Kuota

Rahmatullah    •    Senin, 12 Nov 2018 18:10 WIB
seleksi cpns
Peserta Lolos Tes CPNS di Sumenep Tak Penuhi Kuota
Peserta tes CPNS di Sumenep saat bersiap-siap mengikuti tes SKD – Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Ribuan pelamar CPNS di Sumenep, Jawa Timur, telah tuntas mengikuti tes tahap pertama atau Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) hari ini, Senin, 12 November 2018. Tapi yang dipastikan lulus passing grade atau ambang batas hanya 80 orang, sementara kuota untuk Sumenep sebanyak 372 formasi.

Di Sumenep, SKD ini berlangsung selama delapan hari yang dibagi menjadi 23 sesi. Dalam tahap ini, peserta melaksanakan tiga ujian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Kemampuan Pribadi (TKP).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, Titik Suryati, membenarkan yang lulus ambang batas hanya 80 orang. Dia mengaku tidak tahu penyebab hal itu terjadi. Yang jelas, kata dia, peserta banyak tidak lulus ambang batas tidak hanya terjadi di Sumenep, tapi merata di semua wilayah di Indonesia.

“Apakah karena soalnya yang terlalu sulit atau passing grade-nya yang terlalu tinggi, kami tidak tahu,” ujarnya.

Peserta yang dinyatakan lulus ambang batas berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya atau Seleksi Kamampuan Bidang (SKB). Tapi Titik belum menyebut kepastian waktu seleski tersebut.

Tahun ini, Kabupaten Sumenep punya jatah 372 formasi. Rinciannya guru Kategori 2 (K2) 163 orang, tenaga kesehatan 125 orang, tenaga teknis 44 orang, dan guru non K2 40 orang.


(ALB)