Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Jatim Tiba Sore Ini

Amaluddin    •    Kamis, 07 Sep 2017 15:31 WIB
haji 2017
Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Jatim Tiba Sore Ini
Jemaah haji mulai berdatangan dari Tanah Suci. Foto: Antara/Muhammad Arif Pribadi

Metrotvnews.com, Surabaya: Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji embarkasi Surabaya, Jawa Timur, akan tiba sore ini, Kamis 7 September 2017. Sebelum pulang ke daerah masing-masing, jemaah terlebih dahulu dibawa ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Kepala Subbag Informasi dan Humas Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Markus, mengatakan kloter pertama berjumlah 445 jemaah dan lima orang tim kesehatan. Kloter pertama Jatim yang tiba dari Tanah Suci ini berasal dari Kediri.

"Di bawa ke Asrama Haji untuk diperiksa. Baik kesehatan maupun dokumen. Setidaknya dua jam," ujar Markus, dikonfirmasi.

Mereka akan dipulangkan ke kampung masing-masing setelahnya. Pembagian buah tangan dari Tanah Suci juga dilakukan di Asrama Haji.

Setiap jamaah bakal mendapat 5 liter air zam-zam. "Saat ini semua air zam-zam sejak beberapa waktu lalu sudah tiba seluruhnya dan tersimpan di asrama haji," katanya.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Tanjung Perak langsung menyiapkan kedatangan jamaah haji dari tanah suci. Salah satunya pemantauan terhadap penyakit MERS dan Kolera yang sedang merebak di Timur Tengah.

Kepala KKP Kelas I Tanjung Perak M. Budi Hidayat mengatakan, untuk mengantisipasi kedua penyakit tersebut pihaknya akan memperketat pemantauan. Terutama ketika kedatangan jamaah haji di Bandara Internasional Juanda.

"Kami akan melakukan cross notification dengan petugas yang ada di Jeddah untuk memperketat pengawasan ini," ujar Budi.


(SUR)