Pemkab Sidoarjo Realisasikan Jalan Coran

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 27 Dec 2017 19:49 WIB
pembangunan
Pemkab Sidoarjo Realisasikan Jalan Coran
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, di sela kegiatan Gerakan M-bonk Peduli Infrastruktur di Alun-alun Sidoarjo, Rabu 27 Dresember 2017.

Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur merealisasikan pembangunan jalan beton (coran) sepanjang empat kilometer di lima titik di Sidoarjo. Bahkan, pemerintah berencana menargetkan seluruh jalan di Sidoarjo akan di cor.

Keputusan itu diambil Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah setelah menerima berbagai masukan dan melihat kondisi jalan yang sudah banyak rusak akibat tergenang air. Adapun jalan yang sudah di beton adalah, Jalan Porong-Krembung, Jalan Bulang-Prambon, Kepadangan-Krembung, Prambong-Gedangrowo serta jalan Kebonagung-Kemasan.

"Kami sudah menargetkan jalan di Sidoarjo akan dicor semua, terutama jalan yang sering rusak karena sering dilewati mobil yang over kapasitas dan juga akibat genangan air hujan," katanya di Sidoarjo di sela kegiatan Gerakan M-bonk Peduli Infrastruktur di Alun-alun Sidoarjo, Rabu 27 Dresember 2017.

Ia mengemukakan, saat ini pihaknya akan fokus mengerjakan pembangunan infrastruktur jalan coran, meski biayanya mahal tapi jalan beton lebih awet dan bertahan lama dibanding dengan jalan aspal.

"Selain itu kami sudah tidak perlu lagi menganggarkan untuk biaya perawatan setiap tahunnya. Anggaran perawatan bisa dipakai untuk pembangunan yang lain," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sigit Setyawan mengatakan, saat ini PUPR sudah mengerjakan jalan beton sepanjang empat kilometer dengan biaya anggaran melalui PAK sekitar Rp64 miliar dan target selesai pengerjaannya akhir tahun 2017.

"Dinas PUPR akan melakukan pemetaan untuk menentukan skala perioritas jalan mana saja yang akan di cor tahun 2018 nanti, pembangunannya akan dilakukan bertahap intinya PUPR akan merealisasikan yang sudah ditargetkan oleh Pak Bupati untuk mewujudkan Sidoarjo bebas dari jalan rusak," katanya.



(ALB)