Tanda-tanda Longsor yang Perlu Diketahui

Rahmatullah    •    Kamis, 16 Nov 2017 18:06 WIB
banjirlongsor
Tanda-tanda Longsor yang Perlu Diketahui
ilustrasi Metrotvnews.com

Sumenep: Sejumlah wilayah di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, berpotensi terjadi bencana longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengeluarkan peringatan agar warga berhati-hati ketika melihat ada tanda-tanda akan terjadi longsor, di antaranya berupa tanah retak, permukaan tanah ambles, dan muncul air keruh di permukaan tanah secara tiba-tiba.

"Kalau sudah muncul tanda-tanda itu, diharapkan warga waspada," kata Kepala BPBD Sumenep, Abd Rahman Riadi, Kamis 16 November 2017.

Menurutnya, ada lima titik yang paling berpotensi terjadi longsor, yaitu di Desa Pragaan Laok (Kecamatan Pragaan), Desa Payudan Daleman (Kecamatan Guluk-guluk), Desa Basoka (Kecamatan Rubaru) dan Desa Pakandangan (Kecamatan Bluto). Rata-rata wilayah tersebut merupakan bebukitan. Hanya di Langsar yang berbentuk tanah galian C.

Untuk menghindari adanya kejadian fatal, Rahman berharap warga di wilayah tersebut berhati-hati ketika turun hujan lebat. Sebab di wilayah tersebut struktur tanah tersusun dengan batuan lapuk, sehingga mudah bergerak yang menyebabkan bencana longsor.

Mengenai penguatan tebing, Rahman menyebut bukan kewenangan instansi yang dipimpinannya. Tapi tanggung jawab instansi teknis. BPBD bisa bertindak untuk mengkordinasi semua program yang berkaitan dengan kebencanaan.

"Kami selalu mengimbau kepada warga agar lebih berhati-hati, sehingga tidak terjadi hal-hak yang tidak diinginkan," ungkap dia.

Khusus di daerah galian C, dia meminta warga menghentikan aktivitas tambang tersebut karena berdampak fatal. Beberapa waktu lalu, lokasi tersebut sudah memakan korban. Seorang pekerja tewas tertimbun reruntuhan batu dan tanah.

Selebihnya, Rahman menyebut desa bisa menggunakan Dana Desa (DD) untuk membuat program yang berkaitan dengan bencana. Katanya, ada regulasi yang memperbolehkan penggunaan dana tersebut untuk bencana. Jika bencananya longsor, program yang bisa disediakan adalah berbentuk penguatan tebing.


(ALB)