Hujan 3 Jam, Ratusan Rumah di Pasuruan Terendam

Amaluddin    •    Senin, 08 Jan 2018 00:14 WIB
banjir
Hujan 3 Jam, Ratusan Rumah di Pasuruan Terendam
Ilustrasi. (MTVN/M Rizal)

Surabaya: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, selama 3 jam membuat beberapa sungai di wilayah tersebut meluap. Akibatnya, ratusan rumah terendam banjir setinggi 60 sentimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, mengatakan ada tiga kecamatan di wilayahnya terendam banjir, yaitu Kecamatan Bangil, Winongan, dan Kraton. Banjir ini terjadi setelah hujan deras sejak pukul 12.00 WIB sampai 16.00 WIB, Minggu, 7 Januari 2017.

“Sejak itu air Sungai Welang meluap, dan mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir. Tapi data detailnya masih dilakukan pendataan,” kata Bakti, dikonfirmasi, Minggu, 7 Januari 2018.

Berdasarkan data sementara, ada sejumlah kelurahan di Kecamatan Bangil itu terendam banjir. Yaitu Kelurahan Ledug, Kalianyar, Tambakan, Kalirejo, Karangketuk dan Desa Tambakrejo. Akibatnya, aktivitas di desa-desa tersebut lumpuh.

“Karena ketinggian air rata-rata mencapai 50-60 sentimeter. Tapi warga belum mau ngungsi,” katanya.

Menurut Bakti, banjir hari ini tidak hanya merendam rumah warga, tapi juga menerjang hektar tambak milik warga. Pasalnya, tanggul tambak tak lagi mampu menahan derasnya air banjir itu. “Ya ada lahan tani warga yang juga ikut terendam,” katanya.

Banjir tidak hanya terjadi di wilayah Kecamatan Bangil. Di wilayah Kecamatan Winongan dan Kraton juga terendam banjir. Puluhan rumah juga terendam. 

Sementara baniir di wilayah Kecamatan Kraton, ketinggian air mencapai sekitar 40 sentimeter. Air banjir ini juga menggenangi jalan raya sehingga membuat arus lalu lintas sedikit terhambat.


(LDS)