Materi Khilafah Ditemukan di Lembar Soal UAS di Jombang

Nurul Hidayat    •    Kamis, 07 Dec 2017 11:38 WIB
pendidikan
Materi Khilafah Ditemukan di Lembar Soal UAS di Jombang
Siswa MAN Jombang tengah mengerjakan UAS Semester Pertama Tahun Ajaran 2017-2018, Kamis, 7 Desember 2017, Medcom.id - Nurul Hidayat

Jombang: Wali murid menyayangkan konten khilafah dan jihad dalam lembar soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jombang, Jawa Timur. Menurut wali murid, konten tersebut belum layak diujikan ke anak di bangku sekolah.

Munadi, wali murid, mengaku anaknya membawa lembar soal mata pelajaran Fikih untuk Kelas XII. Lembar tersebut terdiri dari 50 soal.

"Ada 10 soal yang mengandung unsur pemahaman khilafah dan jihad. Sangat disayangkan materi itu diujikan ke siswa," ujar Munadi di Jombang, Kamis, 7 Desember 2017.

Menurut Munadi, anak-anak belum perlu mendapatkan pemahaman soal khilafah dan jihad. Ia khawatir anak-anak tidak dapat mengolah informasi tersebut sehingga berpotensi memunculkan pemahaman yang negatif.

“Jadi, harus ada tindakan tegas dari instansi terkait munculnya materi tersebut dalam soal ujian yang diujikan kepada para siswa," kata Munadi.

Respons senada disampaikan Muhammad Sholikhin. Ia mengatakan psikologi dan pemikiran anak-anak masih labil. Bila tidak ada yang mengarahkan, pemahaman mengenai khilafah dan jihad justru dapat memancing perpecahan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Seharusnya ada penyaringan dan koreksi sebelum materi tersebut diujikan. Sehingga apa yang benar-benar diujikan layak kepada siswa,” pungkasnya.



(RRN)