Azwar Anas Ziarah ke Makam Bung Karno

Antara    •    Rabu, 18 Oct 2017 21:38 WIB
pilkada serentakpilgub jatim 2018
Azwar Anas Ziarah ke Makam Bung Karno
Kandidat Cawagub Abdullah Azwar Anas (kiri) bersama Ketua DPD Jatim Kusnadi. Foto: MTVN/Amaluddin

Metrotvnews.com, Blitar: Kandidat Wakil Gubernur Jawa Timur Abdullah Azwar Anas berziarah ke makam Presiden RI Soekarno di Kota Blitar. Ziarah ini menjadi rangkaian kegiatannya jelang Pilgub Jatim 2018.

"Ini kunjungan pertama kami setelah kemarin ditugaskan untuk mengikuti proses politik di Jawa Timur," katanya setelah ziarah di makam Bung Karno, Kelurahan Bendogerit, Sanan Wetan, Kota Blitar, Rabu 18 Oktober 2017.

Anas menyebut Bung Karno bukan hanya berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia, tapi juga membangun paradigma bagaimana kita seharusnya berpikir sebagai sebuah bangsa. Bung Karno telah mengajarkan pembangunan berbasis kerakyatan dan menginginkan kebinekaan tetap terjaga.

"Dan itu yang harus kita tanamkan betul, terutama pada generasi muda, di era media sosial yang sekarang banyak sekali ujaran kebencian," ujar Bupati Banyuwangi ini.

Anas mengatakan, dalam memimpin Kabupaten Banyuwangi juga terdapat program "Ziarah Kebangsaan" berkala. Salah satunya, pelajar diajak berziarah ke makam Bung Karno.

Ia ingin agar anak-anak muda menyerap inspirasi dari Bung Karno. Hal itu bisa menjadi bekal untuk membentuk sikap berkebangsaan, menjadikan mereka sebagai anak muda yang siap menjaga negeri.

Anas juga menambahkan sengaja berkunjung ke Blitar bertemu para tokoh dan kepala daerah dengan harapan bisa saling berbagi tentang program. Dengan itu, diharapkan ada inspirasi menarik yang bisa dimanfaatkan untuk membangun Banyuwangi bahkan Jatim.


(SUR)