Derita Atresia Bilier, Bayi Ini Butuh Rp1 Miliar untuk Transplantasi Hati

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 01 Nov 2016 22:30 WIB
kelainan bayi
Derita Atresia Bilier, Bayi Ini Butuh Rp1 Miliar untuk Transplantasi Hati
Mata Malika Almahira menguning karena menderita atresia bilier. Foto: Metrotvnews.com/Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Seorang balita di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, harus menjalani transplantasi hati karena menderita atresia bilier. Untuk menjalaninya, dia membutuhkan biaya sekitar Rp1 miliar. 

Dia adalah Malika Almahira, tujuh bulan, yang merupakan anak pertama pasangan Muhammad Iqbaluddin, 24, dan Meiyanawati Dewi, 22, asal Desa Kepuh Kemiri Perumtas 3 Blok O-4 Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Malika terlahir prematur di salah satu bidan desa setempat dengan berat badan 3,1 kilogram dan tinggi 50 sentimeter. 

"Usai tiga hari kelahirannya, kondisi sekujur tubuhnya kuning. Terutama di bagian mata. Bahkan saat buang air besar mengeluarkan darah," ucap Iqbaluddin, saat ditemui sejumlah wartawan, Selasa (1/11/2016). 

Seketika itu, orang tuanya membawa Malika ke rumah sakit yang ada di Kecamatan Krian. Setelah diperiksa, dokter menyatakan anaknya kurang asupan ASI dan kurang sinar matahari. 

"Besoknya kami usahakan memberi ASI semaksimal mungkin dan dijemur. Namun, kondisi sekujur tubuhnya menguning," katanya. 

Selang dua bulan, kondisi Malik memburuk. Pihaknya langsung membawa ke RSUD Sidoarjo, tapi sesampainya di sana pihak rumah sakit menyarankan Malika dibawa ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya. 

"Di sana kami diberi obat untuk penyumbatan empedu Malika. Setelah itu dilakukan serangkaian tes laboratorium untuk diagnosanya," kata dia.

Hasil biopsinya, Malika terserang kolestasis extrahepatic dengan sirosis. Menurut penuturan dokter saat itu, Malika positif menderita atresia bilier. Sedangkan satu-satunya jalan menyembuhkannya adalah transplantasi hati. 

"Dengan biaya sebesar itu kami tidak mampu. Kami berharap ada orang yang mau membantu dalam penyembuhan penyakit yang diderita Malika," kata Iqbaluddin.

Atresia bilier merupakan kondisi langka yang menyebabkan penyumbatan saluran empedu. Saluran empedu pada hati disebut dengan duktus hepatikus. Saluran ini membawa cairan empedu dari hati ke kantong empedu untuk disimpan ke usus kecil, lalu digunakan dalam pencernaan.


(UWA)