Ratusan Calon Haji Jember Berisiko Tinggi

Kusbandono    •    Rabu, 04 Jul 2018 11:12 WIB
Haji 2018
Ratusan Calon Haji Jember Berisiko Tinggi
Ilustrasi jemaah haji/Metrotvnews.com

Jember: Sebanyak 207 orang calon haji Kabupaten Jember tahun 2018 masuk kategori berisiko tinggi karena sudah berusia lanjut. Karena itu pemberangkatan hingga kepulangannya ke tanah air nanti, akan mendapat perlakuan khusus dari tim medis.

"Setelah diperiksa tim medis terhadap hampir 2 ribu calon haji Kabupaten Jember, 900 orang lebih di antaranya masuk kategori berisiko tinggi," kata Kepala Dinas Kesehatan Jember, Siti Nurul Qomariyah kepada Medcom.id Selasa, 3 Juli 2018.

Bahkan dari 900 orang tersebut, 207 calon haji di antaranya berusia lanjut, sehingga masuk kategori berisiko tinggi merah. Karena itu selain diiimbau untuk menjaga kesehatan, jemaah calon haji berusia lanjut tersebut akan mendapat prioritas pengawasan. 

"Mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan ke tanah air," ujar Nurul.


Kepala Dinas Kesehatan Jember, Nurul Qomariyah.

Nurul mengimbau kepada seluruh calon haji baik yang masuk kategori hijau, kuning apalagi merah, untuk membawa obat yang biasa dikonsumsi. 

"Namun jika terpaksa harus menjalani perawatan medis secara khusus, biaya akan ditanggung pemerintah," kata Nurul.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Jember Muhammad Fachrur Rozy menjelaskan, dari total 1.987 calon haji Jember yang akan berangkat ke tanah suci, 16 orang di antaranya merupakan calon haji cadangan, untuk menggantikan jemaah calon haji yang mundur.

Sebenarnya sambung Fachrur, Kabupaten Jember mendapat kuota 114 orang calon haji cadangan. Namun yang sanggup melunasi hanya 47 orang calon haji. Bahkan setelah diverifikasi di tingkat Kanwil, ternyata hanya 16 orang calon haji yang dinyatakan bisa berangkat tahun ini.

Lebih lanjut Fachrur mengungkapkan, proses seleksi dan verifikasi calon haji cadangan yang akan diberangkatkan tahun sudah di sesuaikan dengan ketersediaan kursi calon haji se-Jawa Timur.


(ALB)