Empat Rumah di Jember Longsor

Kusbandono    •    Selasa, 28 Aug 2018 18:21 WIB
bencana longsor
Empat Rumah di Jember Longsor
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Jember: Empat rumah warga di Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Jember, Jawa Timur ambrol akibat longsor. Hingga saat ini, warga di lokasi tersebut sudah tiga kali dilanda longsor.

Menurut salah korban bernama Yanto, longsor terjadi akibat adanya air yang menggerus tepi sungai sehingga mengakibatkan bangunan di sungai ambrol.

"Ini sudah ketiga kalinya, kami tinggal berempat yang tinggal di daerah sini," kata Yanto saat ditemui di lokasi, Selasa, 28 Agustus 2018.

Yanto kembali mengatakan, pemerintah telah memberikan bantuan berupa bahan pokok dan terpal. Dirinya juga berharap Pemerintah segera membangun turap agar longsor di daerah itu tidak kembali terjadi.

"Plengsengan yang sangat dibutuhkan sama warga sekitar," harap Yanto.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Tanggul Wetan Juhri mengakui, pihak desa tidak bisa berbuat banyak menanggulangi bencana longsor yang terjadi untuk kali ketiga itu. "Kami hanya bisa mengimbau agar warga harus berhati-hati," kata Juhri. 

Senada dengan Yanto, Juhri juga berharap Pemerintah Pusat segera turun tangan melalui Dinas terkait agar longsor tidak kembali terjadi. "Ya harus segera dibuat plengsengan untuk menangkis air," harap Juhri.


(DEN)