41 Ribu Warga Sidoarjo Belum Rekam Data KTP-el

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 24 Oct 2017 11:03 WIB
pelayanan e-ktpe-ktp
41 Ribu Warga Sidoarjo Belum Rekam Data KTP-el
Seorang warga menunjukkan KTP-el. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sidoarjo memastikan distribusi KTP elektronik (KTP-el) tak bermasalah. Jumlah warga yang belum melakukan perekaman hanya 41 ribuan warga, sekitar 10 ribu blanko telah tersedia.

"Sampai hari ini yang belum melakukan perekaman KTP-el hanya 41 ribu dari jumlah total 1,3 Warga di Sidoarjo," ungkap  Kepala Disdukcapil Sidoarjo, Medy Yulianto saat dihubungi, Selasa 24 Oktober 2017.

Distribusi KTP-el menurutnya sudah mencapai tingkat penyelesaian. Hanya saja, Disdukcapil di daerah harus jemput bola ke warga untuk segera melakukan perekaman. Baik di kelurahan maupun kecamatan masing-masing.

"Untuk kekurangannya ini kan memang masih belum ada yang melakukan perekaman, jadi kami terpaksa harus jemput bola. Kita instruksikan kepada warga untuk segera melakukan perekaman," katanya.

(Baca: Data Lengkap, KTP-el Siap Cetak)

Disdukcapil besama pihak kelurahan dan kecamatan mengumpulkan nama warga yang belum melakukan perekaman. Setiap Sabtu dimanfaatkan untuk terus merekam data warga yang belum masuk.

"Untuk hari aktif, kami tetap layani di Dispendukcapil atau di kecamatan. Tapi pas hari Sabtu itu, kita gunakan kelurahan dan kecamatan untuk warga yang mau melakukan perekaman," kata dia.

Disdukcapil Sidoarjo menargetkan perekaman maupun distribusi KTP-el selesai akhir tahun ini. KTP-el menjadi salah satu bukti untuk dapat ikut menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.
 


(SUR)