Jelang Pilgub Jatim, Polres Sumenep Petakan Wilayah Rawan Konflik

Rahmatullah    •    Selasa, 16 Jan 2018 15:52 WIB
pilgub jatim 2018
Jelang Pilgub Jatim, Polres Sumenep Petakan Wilayah Rawan Konflik
Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnaen, saat mengecek kelayakan kendaraan operasional – Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, memetakan wilayah rawan konflik guna mengantisipasi gesekan di masyarakat jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Berdasarkan pantauan polisi, hanya Kecamatan Guluk-guluk yang perlu diwaspadai.

“Kita anggap rawan di Guluk-guluk,” ujar Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnaen, usai cek kelayakan kendaraan operasional untuk pengamanan Pilbug Jatim di Mapolres Sumenep, Selasa 16 Januari 2017.

Sejauh ini dia memastikan situasi Guluk-guluk masih kondusif. Untuk menjaga kondusivitas tersebut, Zulkarnaen menginstuksikan anggotanya intens berpatroli. Di wilayah tersebut memang perlu perhatian khusus, mengingat hari Sabtu 13 Januari lalu terjadi ledakan bom rakitan tepat di balai desa.

“Kita akan memantau lebih khusus,” ujarnya.

Sementara personel yang akan diterjunkan untuk pengaman Pilgub Jatim sebanyak 753 anggota. Personel tersebut akan disebar untuk wilayah daratan dan kepulauan. Personel akan ditugaskan berpatroli di daratan dan kepulauan.

Mengenai kesiapan kendaraan operasional, Zulkarnaen menyebut sebagian perlu diperbaiki. Setelah mengecek puluhan kendaraan tersebut, dia memastikan onderdil termasuk ban empat mobil dan tiga motor perlu diubah. Tapi untuk kendaraan lain dipastikan masih berfungsi normal.

“Harapan kita, tentu ketika hari H Pilgub, semua kendaraan siap digunakan. Kita akan membantu pengamanan pelaksanaan Pilgub nanti, sehingga Pilgub berjalan sesuai harapan,” tandasnya.


(ALB)