Sopir Angkot di Surabaya Mogok Kerja

Pemkot Sediakan Transportasi Pengganti

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 03 Oct 2017 14:02 WIB
mogok kerja
Pemkot Sediakan Transportasi Pengganti
Salah satu transportasi pengganti yang disediakan Pemkot Surabaya -- MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Surabaya: Sopir angkot di Surabaya mogok massal. Namun, aksi para sopir angkot itu tidak membuat penumpang terlantar maupun transportasi lumpuh.

Pemerintah Kota Surabaya bergerak cepat dengan menyediakan transportasi pengganti selama aksi mogok. Bahkan, warga justru merasa diuntungkan karena transportasi pengganti melayani penumpang secara gratis.

"Untung saja ada mobil pengganti, masyarakat jadi tidak bingung mau berangkat kerja," kata Mukhlis, 40, di Terminal Purabaya (Bungurasih), Sidoarjo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa 3 Oktober 2017.

Seorang petugas linmas yang mengoperasikan mobil pengganti mengaku, sudah lima kali antar jemput ke Terminal Bungurasih. "Antar jemput jurusan Joyoboyo hingga JMP Surabaya," kata Teguh.

Angkutan pengganti yang disiapkan Pemkot Surabaya ini beroperasi sejak pagi dengan rute tujuan masing-masing. Berbagai jenis kendaraan digunakan untuk mengangkut penumpang, mulai dari truk hingga kendaraan operasional dinas.

"Meski ada mogok massal, masyarakat masih bisa beraktifitas seperti biasanya," lanjut Teguh.

Beberapa rute diprioritaskan oleh angkutan pengganti. Di antaranya Surabaya selatan dengan jurusan Terminal Purabaya-Cito-Joyoboyo-Karangpilang-Wiyung. Ada pula Terminal Joyoboyo-Diponegoro-Pasar Turi dan Terminal Joyoboyo-Karang Menjangan-Kapas Krampung.

Sedangkan, Surabaya utara dengan jurusan Pasar Turi-Krembangan-TOW-JMP- TOW. Selanjutnya, jurusan Benowo-Banyu Urip dan Krembangan-TOW. Terakhir, Surabaya timur dengan jurusan Bratang-Rungkut-Kenjeran.


(NIN)