Banjir Porong Belum Surut, Daops VIII Ubah Jalur Rute KA

Amaluddin    •    Rabu, 29 Nov 2017 14:03 WIB
banjirlongsor
Banjir Porong Belum Surut, Daops VIII Ubah Jalur Rute KA
Kereta melintasi rel di Porong, Sidoarjo, yang terendam banjir, Senin, 27 November 2017, MTVN - Hadi

Surabaya: Daop VIII Surabaya mengubah rute perjalanan kereta api (KA) ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Ini lantaran jalur KA di Porong, Kabupaten Sidoarjo, sampai saat ini lumpuh total karena banjir.

“Sampai dengan saat ini peta jalan KA antara Tanggulangin–Porong masih terendam air dan belum bisa dilewati. Banjir yang terjadi di lokasi tersebut merupakan imbas luapan air dari Sungai Ketapang yang meluber hingga menutupi sebagian jalan raya dan rel KA,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, dikonfirmasi, Rabu, 29 November 2017.

Menurut Gatut, ketinggian air di lokasi mencapai sekitar 100 sentimeter. Daop VIII juga telah menyiagakan personel di lokasi banjir untuk terus memantau ketinggian air dan melakukan berbagai upaya untuk menormalisasi jalur KA.

Foto: Porong Terendam Banjir

Karena itu, PT KAI juga melakukan perubahan pola operasi dan pelayanan perjalanan KA untuk tanggal 29/11 sebagai berikut:

- KA 144 Jayabaya berjalan dengan rute Pasarsenen – Wonokromo – Kertosono – Malang (untuk penumpang dari Sidoarjo, Bangil, Lawang dikembalikan bea 50%).

- KA 143 Jayabaya berjalan dengan rute Malang – Blitar – Kertosono – Surabaya Gubeng – Pasarsenen (penumpang dari Lawang, Bangil, Sidoarjo dikembalikan bea 100%).

- KA 112 Mutiara Selatan berjalan dengan rute Bandung – Kertosono – Surabaya Gubeng (penumpang tujuan Malang turun di Kertosono kemudian ikut KA 92 Malabar dan penumpang dari Wonokromo, Sidoarjo, Bangil, Lawang dikembalikan bea 50% di Surabaya Gubeng).

- KA 111 Mutiara Selatan berjalan dengan rute Surabaya Gubeng – Kertosono – Bandung (penumpang dari Malang diikutkan KA 91 Malabar).

- KA 44 Bima berjalan dengan rute Gambir – Kertosono – Surabaya Gubeng (penumpang tujuan Malang turun di Kertosono kemudian ikut KA 42 Gajayana).

- KA 43 Bima berjalan dengan rute Surabaya  Gubeng- Kertosono – Gambir (penumpang dari Malang diikutkan KA Gajayana).

- KA 101 Ranggajati berjalan dengan rute Jember – Bangil – Malang – Kertosono – Cirebon (penumpang tujuan Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng overstapen menngunakan bus dari Bangil ke Surabaya Gubeng dan penumpang dari Surabaya Gubeng, Wonokromo, Mojokerto dialihkan ke KA 173 Gaya Baru Malam Selatan).

- KA 102 Ranggajati berjalan dengan rute Cirebon – Kertosono – Blitar – Malang – Bangil – Jember (penumpang tujuan Jombang s/d Surabaya Gubeng turun di Kertosono kemudian ikut KLB khusus.

- KA 194 Sri Tanjung berjalan dengan rute Lempuyangan – Kertosono – Blitar – Malang– Bangil – Banyuwangi (penumpang tujuan Jombang s/d Surabaya Gubeng turun di Kertosono kemudian ikut KLB khusus.

- KA 193 Sri Tanjung berjalan dengan rute Banyuwangi – Bangil – Malang – Blitar – Kertosono – Lempuyangan (penumpang tujuan Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus dari Bangil ke Surabaya Gubeng dan penumpang dari Surabaya Gubeng, Wonokromo, Mojokerto dialihkan ke KA 173 Gaya Baru Malam Selatan.

- KA 188 Logawa berjalan dengan rute Purwokerto – Kertosono – Blitar – Malang – Bangil – Jember (penumpang tujuan Jombang s/d Surabaya Gubeng turun di Kertosono kemudian ikut KLB khusus.

- KA 187 Logawa berjalan dengan rute Jember – Bangil – Malang – Kertosono – Purwokerto (penumpang tujuan Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus dari Bangil ke Surabaya Gubeng dan penumpang dari Surabaya Gubeng, Wonokromo, Mojokerto sebagian dialihkan ke KA 173 Gaya Baru Malam Selatan dan rangkaian KLB.

- KA 88 / 90 Mutiara Timur berjalan dengan rute Banyuwangi – Bangil (penumpang tujuan Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus ke Surabaya Gubeng).

- KA 87 / 89 Mutiara Timur berjalan dengan rute Bangil – Banyuwangi (penumpang dari Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus ke Bangil).

- KA 214 Probowangi berjalan dengan rute Banyuwangi – Bangil (penumpang tujuan Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus di Bangil).

- KA 213 Probowangi berjalan dengan rute Bangil – Banyuwangi (penumpang dari Surabaya Gubeng, Wonokromo, Sidoarjo overstapen menggunakan bus ke Bangil).

- KLB khusus relasi Kertosono – Surabaya Gubeng rangkaian 8K3 pengalihan penumpang KA Ranggajati, Sri Tanjung, dan Logawa untuk tujuan Jombang s/d Surabaya Gubeng naik di Kertosono.

- Rangkaian KLB 4K1-2K3(80)-1K3(64)-2K3(106) = 636 seat disiapkan untuk penumpang KA 193 Sri Tanjung dan KA 187 Ranggajati dari Surabaya Gubeng.

“Pengaturan pola operasi layanan KA tersebut dapat berubah sesuai kondisi di lapangan. Info lebih lanjut akan disampaikan sesuai perkembangan situasi di lokasi,” ujar Gatut.




(ALB)