Anggota TNI AL Kedapatan Edarkan Minuman Keras

Antara    •    Senin, 26 Feb 2018 20:19 WIB
minuman beralkohol
Anggota TNI AL Kedapatan Edarkan Minuman Keras
ilustrasi Medcom.id

Surabaya: Tim gabungan Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) dan Intel Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) menggagalkan peredaran minuman keras yang dilakukan oknum anggota TNI AL berinisial BS. Minuman keras jenis arak jawa itu dibawa melalui jalur darat dari Tuban menuju Malang oleh oknum berpangkat Sersan Kepala itu.

"Benar telah terjadi penangkapan terhadap oknum TNI AL yang berupaya mengedarkan minuman keras," ujar Komandan Pomal Lantamal V Surabaya Kolonel Laut (PM) Khoirul Fuad, Senin, 26 Februari 2018.

Khoirul mengatakan, penangkapan dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat dan dilakukan pengintaian selama lima hari dengan mengikuti kendaraan pembawa minuman keras.

"Pada saat target operasi akan memasuki tol Bunder Gresik, sekitar satu kilometer dari pintu tol, petugas memberhentikannya secara paksa. Kemudian tim menggeledah mobil," kata Fuad.

Pada saat pemeriksaan, kata dia, di dalam mobil tersebut ditemukan 25 kardus berisi minuman keras yang dikemas dalam botol air mineral berukuran sedang. Menurut pengakuan BS, bisnis tersebut sudah dijalankannya sejak 2014 dan mengirim dua kali setiap bulannya dari Tuban ke Malang.

"Tapi kami tidak percaya begitu saja dan petugas masih meneliti dengan mempertajam serta menggali bukti pendukung lainnya," kata Fuad. 

Fuad juga menegaskan, tindak pidana yang dilakukan oknum TNI AL itu upaya mendisiplinkan dan memberikan efek jera bagi prajurit lainnya. Hal itu agar prajurit taat hukum dan menjunjung tinggi disiplin.

"Ini juga bagian untuk mencapai `zero crime' atau nihil kejahatan di lingkungan TNI AL, antara lain bekerja keras melibas habis pelanggaran dan kejahatan yang diduga dilakukan oknum prajurit," katanya.


(ALB)