Jatim Petakan Area Masuk Dalam Kawasan Megapolitan Surabaya

Amaluddin    •    Senin, 07 Nov 2016 18:09 WIB
transportasi
Jatim Petakan Area Masuk Dalam Kawasan Megapolitan Surabaya
Pemandangan di salah satu sudut Kota Surabaya, Ant- Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur merancang angkutan umum untuk kawasan Megapolitan Surabaya. Kawasan itu meliputi area yang memiliki radius 100 Km dari Surabaya.

Surabaya merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur. Surabaya dikenal juga sebagai Kota Metropolitan. 

Kepala Dishub dan LLAJ Jatim, Wahid Wahyudi, mengaku pemprov tengah menyiapkan kawasan Megapolitan Surabaya. Saat ini, proses persiapannya masih dalam pemetaan area yang masuk dalam kawasan tersebut.

"Hasil pemetaan kami menyebutkan area yang masuk dalam kawasan Megapolitan Surabaya yaitu Tuban, Jombang, Malang, dan Bangkalan," kata Wahid di ruang kerjanya di Surabaya, Senin (7/11/2016).

Wahid mengakui pergerakan ekonomi dan mobilitas masyarakat di kawasan tersebut tergolong tinggi. Sehingga angkutan umum penting dioperasikan di kawasan tersebut.

Saat ini, kata Wahid, Pemprov merancang alat transportasi yang khusus beroperasi di Megapolitan Surabaya. Salah satunya mengaktifkan kembali jalur kereta api yang menghubungkan Jombang menuju Lamongan.

"Nantinya jalur kereta itu melingkari Surabaya-Mojokerto-Jombang-Lamongan-Gresik-Surabaya," lanjut Wahid.

Wahid optimistis pengaktifan rel kereta dapat mengoptimalkan pergerakan industri di Jawa Timur. Selain itu, Tuban kini tumbuh menjadi kawasan industri baru. 

Pemprov juga melirik penambahan jumlah bus yang nilai investasinya lebih kecil ketimbang kereta. Pemprov cukup mengadakan bus, menyediakan halte lengkap dengan tamannya, dan jalur khusus.

"Bus dapat dibantu dari Kementerian Perhubungan, halte dapat didukung dari Pemprov Jatim, sedangkan fasilitas pendukung lainnya disiapkan oleh pemkot Surabaya," katanya.



(RRN)