Pemuda di Madura Serukan Damai saat Natal

Rahmatullah    •    Selasa, 25 Dec 2018 18:50 WIB
perayaan natal dan tahun baru
Pemuda di Madura Serukan Damai saat Natal
Aksi sejumlah pemuda menyuarakan damai dalam perayaan Natal di Madura, Medcom.id - Rahmatullah

Sumenep: Duta Perdamaian Madura (DPM) mengajak masyarakat menghargai perbedaan keyakinan di Hari Natal ini. Sebagai bentuk komitmen menghargai perbedaan keyakinan itu, sekolompok pemuda Muslim yang tergabung di DPM itu memasang banner ucapan ‘Selamat Hari Natal Bagi Warga Kristiani’ di Gereja Paroki Maria Gunung Karmel di Desa Pandian, Kecamatan Kota, Sumenep Jawa Timur.

“Kami pemuda yang menjadi agen perdamaian mengucapkan selamat hari natal untuk saudara kami warga Kristiani,” ujar Koordinator DPM Wilayah Sumenep, Ulifiah, Selasa, 25 Desember 2018.

Meski beragama Islam, Ulif mengaku tidak hanya di Hari Natal datang ke Gereja. Tapi tiap Minggu ia dan kawan-kawanya datang ke tempat peribadatan tersebut. Dia mengkuti semua kegiatan sosial yang digelar umat Kristiani. Itu dilakukan untuk menunjukkan sikap rukun antar penganut ajaran agama.

“Kita tidak hanya rukun dalam tataran wacana. Tapi juga konkret dalam kehidupan sehari-hari,” ujar dia.

Ulif menuturkan tidak hanya dia yang berusaha menunjukkan hidup rukun. Umat Kristiani pun menunjukkan hal serupa. Contoh yang dia sebut adalah aktivitas pembagian takjil gratis pada bulan Ramadan lalu. Kala itu, Ulif mengatakan umat Kristiani juga ikut membagikan takjil kepada umat Muslim yang sedang berpuasa.

Selebihnya, Ulif menyebut Duta Perdamaian lahir pada tahun 2014 lalu. Anggotanya merupakan penganut semua agama yang ada di Indonesia. Tidak ada lain yang diinginkan kecuali menjadi promotor perdamaian antar penganut agama.

“Kita bangsa Indonesia yang terdiri banyak agama sudah semestinya saling menghargai perbedaan itu,” ungkap dia.


(RRN)