Petani Jatim Ekspor Mangga dan Bawang ke Malaysia dan Singapura

Amaluddin    •    Senin, 08 Oct 2018 16:07 WIB
ekspor-impor
Petani Jatim Ekspor Mangga dan Bawang ke Malaysia dan Singapura
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, didampingi Gubernur Jatim Soekarwo di sela melepas ekspor mangga, bawang ke beberapa negara Asia, Senin, 8 Oktober 2018. (Medcom.id/Amal).

Surabaya: Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melepas ekspor perdana 100 ton mangga asal Jawa Timur ke Malaysia dan Singapura. Andi Amran mengatakan, ekspor ini bisa menjadi pelecut petani untuk meningkatkan pertanian buah.

"Hari ini kita ekspor perdana mangga asal Jatim ini. Ini luar biasa, karena mangga tembus di pasar dua negara tersebut," kata Amran saat melepas ekspor beberapa komoditas hortikultura di Kantor Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Senin, 8 Oktober 2018.

Tak hanya mangga, beberapa komoditi asal Jatim lainnya seperti bawang merah dan benih kangkung juga diekspor ke beberapa negara asia. Di antaranya Malaysia, Philipina, Vietnam, Singapura, dan China. "Untuk bawang merah sebanyak 800 ton," jelas Amran.

Menurut Amran, ekspor bawang merupakan solusi di tengah harga bawang yang semakin turun. Ekspor ini juga diyakini mampu membantu di tengah rupiah melemah.

"Ini adalah momentum untuk mendorong ekspor, karena ini sangat menguntungkan petani-petani Indonesia. Bawang merah yang harganya lagi anjlok, sehingga solusinya kita ekspor," beber Amran.


(DEN)