Pemusnahan Ribuan Petasan Libatkan Gegana

Nurul Hidayat    •    Selasa, 11 Jul 2017 15:38 WIB
petasan
Pemusnahan Ribuan Petasan Libatkan Gegana
Petugas mengurai petasan dan bahan peledak sebelum diledakkan di TPAS Banjardowo, Jombang, Jatim, Selasa (11/7/2017). (Metrotvnews.com/Nurul Hidayat)

Metrotvnews.com, Jombang: Kepolisian Resort Jombang, memusnahkan ribuan petasan berbagai jenis. Petasan ini hasil dari operasi selama bulan Ramadan. Pemusnahan dilakukan Tim Penjinak Bom Gegana Sat Brimobda Polda Jawa Timur.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang, AKP Wahyu Norman Hidayat menyebut Gegana dilibatkan karena telah ahli dalam menangani bahan peledak. "Untuk meminimalkan dampak ledakan," kata dia saat memimpin pemusnahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Banjardowo, Selasa, 11 Juli 2017.

Pemusnahan dilakukan dengan cara mengurai ribuan petasan. Kemudian dimasukkan dalam lubang tanah. Petugas memasang kabel detonator. Peledakan dilakukan dengan alat pengendali dari jarak 100 meter.

Polisi memasang garis polisi dengan perimeter radius 100 meter dari lokasi peledakan. Sedikitnya 10 personel Sat Serse dan lima anggota Gegana terlibat dalam pemusnahan ini.

Jumlah petasan yang disita terdiri dari petasan bunga api 4.080 buah, serbuk peledak 23 kg, belerang 10,5 kg, potasium 18 kg, brown 33 kg, karbon 55 kg, semen putih 50 kg dan 400 biji selongsong petasan.

Norman menjelaskan, ribuan petasan yang dimusnahkan didapat dari 17 tersangka. Mereka telah menjalani proses hukum dari pemeriksaan hingga pengadilan.

“Para pelaku dijerat dengan Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan acaman hukuman mininal 20 tahun maksimal seumur hidup atau hukuman mati,” tuturnya.


(SAN)