Lima Kecamatan di Jombang Masuk Zona Merah Kekeringan

Nurul Hidayat    •    Selasa, 05 Sep 2017 09:06 WIB
kemarau dan kekeringan
Lima Kecamatan di Jombang Masuk Zona Merah Kekeringan
ejumlah warga antre air bersih di Dusun Banyuasin, Desa Kromong, Ngusikan, Jombang, Jawa Timur -- ANT/Syaiful Arif

Metrotvnews.com, Jombang: Sebanyak lima kecamatan di Jombang, Jawa Timur, masuk zona merah kekeringan. Kecamatan yang dimaksud, yaitu Plandaan, Ngusikan, Bareng, Kabuh, dan Wonosalam.

Kekeringan paling parah terjadi di Kecamatan Plandaan dan Ngusikan. Warga di dua kecamatan itu harus berjalan hingga dua kilometer demi mendapatkan air bersih.

"Sementara ini, data yang baru kita update di Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Di sana ada 149 jiwa dari 44 Kepala Keluarga (KK) terdampak kekeringan. Untuk kecamatan lain, kita akan update secepatnya," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang Gunadi, Selasa 5 September 2017.

Gunadi mengatakan, pihaknya telah menyalurkan air bersih ke lima kecamatan yang masuk zona merah kekeringan sejak 10 Agustus 2017. Dalam sepekan, petugas mendistribusikan dua mobil dengan kapasitas masing-masing tangki 5.000 liter air bersih.

"Untuk daerah yang lebih parah, kami kirim air bersih tiga kali dalam sepekan. Masing-masing pengiriman dua tangki," lanjut Gunadi.

Menurut Gunadi, warga dapat mengajukan permohonan air bersih melalui pihak desa dan kecamatan. "Atau datang langsung ke kantor kami di Jalan K.H. Wahid Hasyim Nomor 141 Kepanjen, Kecamatan Jombang," tutup Gunadi.


(NIN)