Pemerintah Diminta Mengambil Sikap Terkait Konflik Israel dan Palestina

Nurul Hidayat    •    Selasa, 25 Jul 2017 13:39 WIB
israel palestina
Pemerintah Diminta Mengambil Sikap Terkait Konflik Israel dan Palestina
Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jombang -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jombang meminta agar Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) dan Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor mendorong pemerintah mengambil sikap terkait konflik Israel dan Palestina. Sikap yang dimaksud adalah membentuk dan mengirimkan pasukan perdamaian ke wilayah konflik tersebut.

"Jika memang dibentuk pasukan perdamaian, kami siap bergabung dan siap berangkat apabila diizinkan para kiai," kata Ketua Umum GP Ansor Kabupaten Jombang Zulfikar Damam Ikhwanto di Jombang, Jawa Timur, Selasa 25 Juli 2017.

(Baca: Ketum PBNU Minta Pemerintah Aktif Atasi Krisis di Palestina)

Menurut Zulfikar, pembentukan pasukan perdamaian dirasa penting karena harus ada pihak yang mendingikan suasana akibat konflik yang berkepanjangan di Palestina.

Zulfikar menambahkan, GP Ansor Jombang sudah menerima surat edaran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur dan pimpinan pusat GP Ansor terkait pembacaan qunut nazilah, sholawat nariyah, dan hizb nasr untuk dibacakan seusai salat lima waktu. "Doa-doa tersebut ditujukan kepada saudara-saudara kita di Palestina agar selalu diberikan keselamatan oleh Allah SWT," imbuhnya.

Sebelumnya, pasukan Israel menyerang demonstrasi pada Jumat 21 Juli 2017. Mereka melepaskan tembakan peluru tajam, gas air mata serta peluru karet ke arah warga yang tidak bersenjata.

(Baca: Indonesia Tolak Keras Pembatasan Ibadah di Al-Aqsa)

Tiga warga Palestina tewas dalam bentrokan di sekitar Kota Tua Yerusalem pada Jumat 21 Juli. Itu merupakan kekerasan jalanan terburuk sejak beberapa tahun terakhir di area tersebut.
 
Sebelumnya, Israel menerapkan aturan melarang pria Palestina berusia di bawah 50 tahun untuk masuk ke dalam kompleks Al-Aqsa dan memasang detektor metal yang memicu terjadinya protes.

 


(NIN)