BPPD Mulai Promosikan Potensi Wisata Pulau Lumpur Sidoarjo

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 21 Jul 2017 14:12 WIB
lumpur lapindo
BPPD Mulai Promosikan Potensi Wisata Pulau Lumpur Sidoarjo
Hutan mangrove di Pulau Lusi Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengukuhkan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sidoarjo. Lembaga itu bertugas mempromosikan potensi wisata di Sidoarjo, termasuk Pulau Lumpur Sidoarjo.

Acara pengukuhan berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo, Jumat 21 Juli 2017. Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Syaifuddin mengukuhkan BPPD.

Nur Achmad mendukung upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mengelola potensi wisata di Pulau Lusi. Pulau tersebut berlokasi di wilayah selatan Sidoarjo. Pulau terbentuk dari endapan lumpur yang dialirkan dari pusat semburan di Porong.


(Wakil Bupati Sidoarjo dalam acara pengukuhan BPPD, MTVN - Hadi)

Baca: KKP akan Kelola Lumpur Sidoarjo sebagai Destinasi Wisata

"Itu membuktikan Pulau Lusi sudah mulai diperhatikan," kata Nur Achmad.

Semula, endapan itu berupa lahan tandus. Kemudian warga berinisiatif menanam mangrove di endapan tersebut. Hasilnya mangrove tumbuh subur. Saat matahari terbit, pulau menyajikan hamparan lumpur berwarna pekat yang berkilau.

Baca: Endapan Lumpur di Sidoarjo yang Bakal Disulap Jadi Pulau Wisata

Nur Achmad optimistis pesona pulau berpotensi menarik minat wisatawan. Untuk mempromosikannya, terang Nur Achmad, itu tugas BPPD.

Nur Achmad menilai Pulau Lusi termasuk unik. Lantaran itu, Pemkab Sidoarjo tentgah memperjuangkan Pulau Lusi masuk dalam kategori Anugerah Pesona Indonesia.


(Pintu masuk menuju endapan lumpur yang diusulkan menjadi pulau wisata yang dikelola KKP di Sidoarjo, MTVN - Hadi)

Sebenarnya, lanjut Nur Axhmad, Sidoarjo memiliki destinasi wisata lain. Misalnya Kawasan Tanggulangin yang masuk dalam destinasi pusat belanja tas kulit, sepatu, dan jaket.

"Memang, selama ini industri lebih berkembang di Sidoarjo, tapi sayang potensi wisata tak disentuh. Seperti wisata religi, perbelanjaan, dan kuliner. Harapannya, hal ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," tegasnya.

Sementara, Ketua BPPD Sidoarjo, Soepomo mengungkapkan dalam mendongkrak potensi wisata, dirinya mengedepankan 'performance tourism to Sidoarjo. Yakni memperbarui industri pariwisata.

"Pariwisata yang sudah berjalan harus dimanfaatkan. Namun harus dilengkapi dengan cara mempercepat proses, persaingan pariwisata, termasuk tetangga-tetangga kita yang sudah melakukan terobosan dalam hal wisata," tandasnya. 


(RRN)