Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Sembako di Jombang Merangkak Naik

Nurul Hidayat    •    Kamis, 14 Dec 2017 13:15 WIB
komoditas
Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Sembako di Jombang Merangkak Naik
Pedagang di Pasar Peterongan, Jombang, Jawa Timur. Medcom.id/Nurul

Jombang: Menjelang Natal dan tahun baru, harga sejumlah bahan pangan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, merangkak naik. Kenaikan ini dikarenakan kurangnya pasokan ditingkat pedagang.

Aziz Mustaqim, 45, salah satu pedagang di Pasar Peterongan, mengatakan, pengiriman yang tidak menentu dari para distributor membuat harga beras mengalami kenaikan.

"Dalam dua pekan terakir, harga beras naik sekitar Rp1.200 perkilogramnya, misalnya beras medium dari Rp9.300 per kilo jadi Rp 10.500," kata Azis, Kamis 14 Desember 2017.

Ia menjelaskan, tidak menentunya pasokan dari para distributor dikarenakan faktor cuaca dan belum meratanya musim panen di Kabupaten Jombang. Namun dirinya memastikan stok beras di tokonya masih cukup untuk melayani pembeli yang ada.

"Karena sebentar lagi musim panen, jadi kemungkinan masih cukup sampai Januari stok di toko kita," Imbuhnya.

Kenaikan harga juga dirasakan untuk bawang merah, kentang dan tomat. Bawang merah biasanya di harga Rp15 ribu, naik menjadi Rp16.000/kg, sementara untuk kentang dari Rp12 ribu menjadi Rp15 ribu/kg. Sedangkan tomat dari Rp8 ribu menjadi Rp10 ribu/kg.

"Kenaikan juga dialami oleh cabai merah dari Rp16 ribu menjadi Rp18 ribu/kg," ujar pedagang sayur di Pasar Peterongan Jombang, Saidah.



(ALB)