Ratusan Rumah di Sumenep Terendam Banjir

Rahmatullah    •    Kamis, 21 Dec 2017 12:43 WIB
banjircuaca ekstrem
Ratusan Rumah di Sumenep Terendam Banjir
Sebagian rumah warga Sumenep yang direndam banjir – Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Ratusan rumah di Desa Sendir, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Jawa Timur, terendam banjir sejak semalam, Rabu, 20 Desember 2017. Ketinggian air bervariasi. Di titik tertentu air bahkan mencapai 80 sentimeter. 

“Tapi sekarang banjir mulai surut,” kata warga setempat, Takiyah, Kamis, 21 Desember 2017.

Menurut dia, semalam sebenarnya hujan tidak deras. Tapi karena ada tanggul sungai di selatan dan utara desa jebol, air meluap ke perkampungan dan merendam rumah warga.

Sebagian warga yang kamar rumahnya dimasuki banjir harus rela mengungsi dulu ke tetangga sambil menunggu banjir surut. Warga yang panik dengan datangnya air tersebut lantas memindahkan barang-barang berharga agar tidak ikut terendam. Ternak sapi ikut diungsikan.

“Semoga air cepat surut karena sekarang musim tanam padi,” harapnya.



Warga lain, Misto, menyebut banjir tersebut tidak hanya merendam rumah, puluhan hektare sawah yang baru ditanam padi juga ikut terendam. Bahkan banyak padi yang ikut terbawa arus banjir. Jika banjir tidak segera surut, dia yakin padi-padi tersebut akan membusuk.

“Kami harus menanam padi lagi karena sebagian sudah dibawa arus. Semoga cepat banjirnya cepat surut, biar padi yang masih ada tidak membusuk,” harapnya.


(ALB)