Puluhan Warga Keracunan Gas Gunung Kawah Ijen

Amaluddin    •    Kamis, 22 Mar 2018 12:15 WIB
keracunangunung ijen
Puluhan Warga Keracunan Gas Gunung Kawah Ijen
Penambang mengambil bebatuan belerang dalam kepulan asap pinggir danau Kawah Ijen. (MI/Ramdani)

Surabaya: Gunung Kawah Ijen di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mengeluarkan gas beracun pada Rabu, 21 Maret 2018, malam. Akibatnya, puluhan warga di tiga dusun lereng gunung keracunan.

"Ada sekitar 30 warga di desa-desa setempat yang keracunan akibat gas Kawah Ijen tadi malam," kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Bondowoso, Winarto, dikonfirmasi, Kamis, 22 Maret 2018.

Adapun tiga dusun terdampak gas beracun Kawah Ijen, yaitu Dusun Margahayu, Dusun Watu Capil, dan Dusun Curah Macan yang seluruhnya masuk Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen.

Baca: Mengeluarkan Gas Beracun, Kawah Ijen Ditutup Sementara

Winarto menuturkan sebanyak 24 orang dirawat di Puskesmas Kecamatan Ijen, 4 orang dirawat di Puskesmas Kecamatan Tlogosari, dan 2 orang sisanya dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) dr Koesnadi.

"Dua orang itu sebelumnya dirawat di Puskesmas Kecamatan Ijen, tapi terpaksa dirujuk ke RSU dr Koesnadi Bondowoso karena kondisinya lemah setelah menghirup gas beracun itu. Tapi kondisi korban sampai saat ini terus membaik," katanya.


(LDS)