Khofifah-Emil Sengaja tidak Diundang Acara NasDem

Amaluddin    •    Minggu, 08 Apr 2018 17:40 WIB
partai nasdempilpres 2019pemilu serentak 2019
Khofifah-Emil Sengaja tidak Diundang Acara NasDem
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan pidato ketika acara peresmian gedung Bapilu Partai NasDem Jawa Timur di Surabaya. (MI/ROMMY PUJIANTO)

Surabaya: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh meresmikan gedung Bappilu NasDem Jatim, Minggu 8 April 2018. Namun, dalam peresmian itu tidak tampak calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 1 yang diusung NasDem Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak. 

Surya Paloh mengatakan NasDem tidak mengundang Khofifah maupun Emil karena peresmian Kantor Bappilu merupakan acara konsolidasi internal.

"Jadi untuk apa melibatkan calon di pilkada? Itu masalahnya," kata Surya Paloh.

Senada, Ketua Bappilu Partai NasDem Jatim, Ipong Muchlisoni, mengaku Khofifah-Emil sengaja tidak diundang. Sesuai atura Komisi Pemilihan Umum (KPU) acara internal partai dilarang mengundang calon kepala daerah. 

"Nanti dikira malah dianggap kampanye," kata Ipong. 

Ipong mengungkap dalam peresmian dan pengukuhan pengurus Bappilu tak mengundang satu pun calon kepala daerah. Kader pun tak diundang. 

Baca: Pengurus Bappilu NasDem Jatim Resmi Dikukuhkan

Pasangan cagub/cawagub Jatim nomor 1, Khofifah-Emil selama ini kerap menghadiri acara internal partai. Khofifah dan Emil mendatangi Rakorwil Pemenangan Pilkada PPP Tahun 2028 di Hotel Novotel Samator Surabaya pada Jumat, 16 Maret 2018. Acara itu juga dihadiri Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Khofifah-Emil juga tampak diundang saat Rakerda DPD Partai Demokrat Jatim yang berlangsung di Tulungagung pada 24-25 Februari 2018. Acara tersebut juga dihadiri langsung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kemudian, Khofifah-Emil juga hadir saat DPD Partai Golkar Jatim menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemenangan Pilkada 2018 di kantor DPD Partai Golkar Jatim, Kamis, 8 Maret 2018 lalu. Acara itu juga dihadiri Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.


(LDS)