Sumber Tragedi Jembatan Widang Diduga Ada di Sambungan

   •    Selasa, 17 Apr 2018 15:46 WIB
jembatan rubuh
Sumber Tragedi Jembatan Widang Diduga Ada di Sambungan
Jembatan Widang di Kabupaten Tuban Jawa Timur ambruk. (Foto: Istimewa)

Jakarta: Ahli Konstruksi Drajat Hudayanto menduga penyebab ambruknya Jembatan Widang di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, akibat masalah sambungan. Adanya patahan di tengah jembatan menguatkan dugaan tersebut.

"Kalau putus begini ada kemungkinan di beberapa titik tampungan mengalami gangguan atau ada elemen-elemen yang terganggu karena baut lepas, sehingga kapasitas daya dukung gesernya berkurang," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Breaking News, Selasa, 17 April 2018.

Menurut Drajat ada ciri khusus yang membedakan ambruknya jembatan akibat lalu lintas kendaraan bertonase berat dengan masalah sambungan. 

Umumnya, jembatan ambruk akibat kelebihan beban ditandai dengan konstruksi jembatan yang melengkung. Namun jika persoalannya ada pada sambungan biasanya bagian yang ambruk hanya pada titik tertentu.

"Tapi harus dipelajari secara mendetail, harus dilihat di lapangan seperti apa agar bisa disimpulkan apa penyebabnya," jelas dia.

Sebelumnya, Jembatan Widang di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ambruk. Dua orang sopir truk yang saat itu melintas dilaporkan meninggal lantaran terjebak di dalam kendaraan. Insiden ini mengakibatkan jalur Tuban-Lamongan, Jawa Timur, terganggu.

Hingga kini Kepolisian Daerah Jawa Timur masih menginvestigasi penyebab pasti ambruknya jembatan yang dibangun pada 1983 tersebut.




(MEL)