Penumpang Kereta Dijamu Ribuan Gelas Kopi di Jatim

Antara    •    Selasa, 11 Sep 2018 16:39 WIB
kereta api
Penumpang Kereta Dijamu Ribuan Gelas Kopi di Jatim
Ilustrasi kopi, Medcom.id - M Rizal

Surabaya: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 8 Surabaya, Jawa Timur, menyiapkan 50 ribu gelas kopi di beberapa stasiun selama dua hari mulai Senin, 10 September 2018. Penyediaan kopi itu merupakan bagian dari gelaran festival 'Ngopi Bareng KAI'.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko di Surabaya mengatakan kegiatan itu merupakan kali kedua. Sebelumnya, kegiatan digelar di awal 2018. Kali ini, kegiatan tersebut digelar untuk memperingati hari ulang tahun ke-73 Kereta Api.

Gatut mengatakan menyediakan 3.750 gelar kopi di Stasiun Surabaya Gubeng dan 2.500 gelas di Stasiun Malang. Sedangkan 50 ribu gelas disediakan di 16 kereta.

Sedangkan nama-nama KA yang menggelar acara serupa antara lain KA Malioboro Ekspres, Jayabaya, Gajayana, Bima, KA Sancaka, Turangga, Gaya Baru Malam Selatan, Bangunkarta, serta KA Argo Bromo Anggrek.

Ia mengatakan, KAI melibatkan 72 petani kopi dengan luas ladang 8.492 hektare yang tersebar di tujuh provinsi di Jawa-Sumatera, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Lampung.
 
"Tak hanya petani, untuk pemrosesan selanjutnya, roastery, KAI melibatkan 40 roastry dari tujuh provinsi tersebut untuk menciptakan karakter rasa pada kopi yang diseduh," katanya.

Stasiun lain yang menggelar acara yang sama diluar Daop 8 Surabaya, antara lain Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bandung, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Solo Balapan, Yogyakarta, Madiun, dan Jember.
 
"Banyaknya jumlah kopi yang KAI sajikan untuk masyarakat mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat sebagai 'Pemrakarsa dan Penyelenggaraan Pembagian Kopi Terbanyak di Kereta Api dan Stasiun," katanya.


(RRN)