Terowongan Kereta Api di Jember Dipasang Lampu LED

Kusbandono    •    Rabu, 30 May 2018 14:32 WIB
Ramadan 2018
Terowongan Kereta Api di Jember Dipasang Lampu LED
Terowongan Garahan yang dilintasi kereta api jalur Jember-Banyuwangi.

Jember: Persiapan masa angkutan Lebaran 2018 terus dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Jember, salah satunya adalah pemasangan lampu LED (Light Emitting Diode) di terowongan yang dilalui kereta api.

"Sepanjang jalur kereta api di wilayah Daerah Operasi 9 Jember ada dua terowongan. Dua terowongan itu akan dipasang lampu LED 70 unit atau masing-masing terowongan sebanyak 35 lampu LED," kata Luqman Arif Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 9 di Jember kepada Medcom.id Selasa 29 Mei 2018.

Dua terowongan tersebut terdapat di KM 25+5/6 antara Stasiun Garahan - Stasiun Mrawan sepanjang 113 meter dan di KM 30+400-31+090 antara Stasiun Mrawan - Stasiun Kalibaru yang panjangnya 690 meter.

"Pemasangan lampu LED tersebut kita targetkan selesai sebelum 5 Juni 2018, sehingga sebelum masa angkutan kereta api arus mudik dan balik Lebaran 2018 sudah selesai," ujar Luqman.

Luqman juga menjelaskan, pemasangan lampu di dua terowongan tersebut untuk penerangan ketika kereta api melewati terowongan karena biasanya di dalam terowongan tersebut gelap dan hanya lampu yang di dalam kereta api saja yang menyala.

"Selain itu, lampu di terowongan juga memudahkan petugas penjaga terowongan melakukan pengawasan baik mengawasi kondisi jalur kereta api, saluran air, dinding terowongan atau benda-benda mencurigakan ketika berjalan menyusuri terowongan," jelas Luqman.

Beberapa waktu yang lalu Vice President PT KAI Daop 9 Jember Hery Siswanto juga telah melakukan inspeksi untuk mengecek secara langsung kondisi dinding terowongan, saluran air di kanan - kiri jalur kereta api, serta pembinaan dan refreshing peraturan dinas terkait perjalanan KA kepada petugas penjaga terowongan dalam rangka menjelang masa angkutan Lebaran 2018.

"Manajemen PT KAI Daop 9 memeriksa kondisi seluruh fasilitas peralatan untuk keselamatan dan kenyamanan para penumpang kereta api sebagai persiapan arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah," kata Hery.


(ALB)