Menteri Puan: Indonesia Inovator Teratas di Negara Berkembang

Daviq Umar Al Faruq    •    Sabtu, 12 May 2018 16:13 WIB
puan maharani
Menteri Puan: Indonesia Inovator Teratas di Negara Berkembang
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. (Medcom.id/Daviq)

Malang: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, mengatakan saat ini daya saing Indonesia periode 2017-2018 menurut laporan World Economic Forum (WEF), naik 5 peringkat, dari posisi 41 menjadi posisi 36, dari 137 Negara.

"Indonesia dinilai sebagai salah satu inovator teratas di antara negara berkembang," katanya saat orasi ilmiah pada wisuda di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang, Jawa Timur, Sabtu 12 Mei 2018.

Puan mengatakan, daya saing sangat ditentukan oleh kapabilitas sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola potensi yang ada. Sehingga pembangunan SDM yang berkualitas tidak lepas dari peran pendidikan tinggi.

"Saat ini, sarjana di Indonesia, hanya berkontribusi 11 persen atau 13 juta orang dari 121 juta penduduk yang bekerja," jelasnya.

Oleh karena itu, kata Puan, pemerintah akan memperkuat seluruh perguruan tinggi nasional negeri dan swasta di Indonesia. Dengan begitu, bisa menguatkan profil angkatan kerja Indonesia. 

"Pemerintah telah memberikan perlakuan yang sama kepada perguruan tinggi swasta, yang mencakup beasiswa bagi dosen dan mahasiswa, bantuan biaya operasional, serta bantuan dana riset," tuturnya.

Jumlah seluruh perguruan tinggi nasional lebih dari 4.300 buah dan lebih dari 90 persen merupakan perguruan tinggi swasta (PTS). Sebanyak 27 PTS telah terakreditasi A pada 2017 lalu sejak dibina oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 


(LDS)