Dana Rp150 Miliar Disiapkan Atasi Banjir Sampang

Amaluddin    •    Sabtu, 08 Oct 2016 14:11 WIB
banjir
Dana Rp150 Miliar Disiapkan Atasi Banjir Sampang
Banjir Sampang. Foto: Antara/Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menyiapkan anggaran sebesar Rp150 miliar untuk menanggulangi banjir di Kabupaten Sampang, Madura. Anggaran tersebut disiapkan untuk pembebasan lahan untuk memperlebar Sungai Kemuning.

"Anggaran itu kami masukkan dalam APBD tahun depan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Sudharmawan, Sabtu (8/10/2016).

Menurut Darmawan, banjir yang terjadi di Sampang butuh penanggulangan khusus. Sebab, kata dia, Sampang tidak pernah absen dari banjir setiap tahunnya. 

"Penyebab banjirnya selalu sama, yakni karena luapan Sungai Kemuning," katanya.

Sungai Kemuning merupakan sungai yang berada di pusat Kota Sampang dan bermuara di laut. "Kalau air laut sedang pasang, maka banjir akan parah karena butuh waktu lama air untuk bisa surut," katanya.

Pertengahan April 2016, hujan deras kembali mengguyur kawasan utara Sampang. Banjir menghambat arus lalu lintas antarkecamatan. Akibatnya jalan utama Sampang ke Pamekasan dan sebaliknya ditutup total.

Banjir kembali merendam Kecamatan Kota Sampang hingga ketinggian permukaan air satu meter pada Juni 2016. Gagal panen pun mengancam petani yang sawahnya terendam.

Tiga bulan kemudian, tepatnya September 2016, banjir merendam beberapa wilayah di Sampang. Arus lalu lintas pun macet hingga dialihkan ke jalur alternatif.



(UWA)