Polisi Bersiaga Antisipasi Kemunculan Calo di Samsat Sidoarjo

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 17 Nov 2016 15:26 WIB
pungutan liar
Polisi Bersiaga Antisipasi Kemunculan Calo di Samsat Sidoarjo
Ilustrasi pungutan liar, Ant

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Penjagaan di perketat di Samsat Sidoarjo, Jawa Timur. Itu bertujuan menghindarkan aksi pungutan liar dalam pengurusan STNK dan SIM di Samsat Sidoarjo.

Dari pantauan Metrotvnews.com, polisi bertebaran mulai dari pintu masuk area Kantor Samsat hingga ke loket pengurusan SIM dan STNK. Untuk mempermudah pengawasan, petugas membagikan kartu identitas pada warga.

Misal kartu identitas berwarna biru ditujukan untuk warga yang hendak mengurus STNK. Kartu tersebut bertuliskan Pajak Tahunan (Penul). 


(Kartu identitas warga yang hendak masuk Kantor Samsat Sidoarjo, MTVN - Hadi)

Ada pula kartu dengan warna kuning yang bertuliskan Bea Balik Nama atau yang disingkat BBN. Kartu tersebut diberikan petugas di area parkir.

Setelah itu, warga langsung mendatangi pintu masuk gedung. Tiga petugas berseragam lengkap menyambut kedatangan warga. 

"Yang tidak berkepentingan atau tanpa ID Card tidak diperkenankan masuk," demikian tulisan pada papan peringatan di pintu masuk.

Kondisi itu berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Menurut perempuan penjaga warung, sebelumnya, calo bertebaran di Kantor Samsat mulai dari pintu masuk hingga hingga area parkir.

Menurut perempuan yang enggan menyebutkan namanya itu, Kantor Samsat menerapkan pola pengamanan seperti itu sejak dua pekan lalu. Kedatangan polisi, lanjutnya, sukses 'mengusir' calo.

"Sudah dua mingguan seperti itu. Calo-calo sudah pergi. Entah Pergi kemana," kata penjaga warung yang enggan menyebutkan namanya.



(RRN)