Ribuan Santri Ikuti Kirab Resolusi Jihad Ponpes Tebu Ireng

Nurul Hidayat    •    Sabtu, 05 Nov 2016 10:18 WIB
pesantren
Ribuan Santri Ikuti Kirab Resolusi Jihad Ponpes Tebu Ireng
Suasana Kirab Aktualisasi Resolusi Jihad di Ponsep Tebu Ireng, Jombang. Foto-foto: Metrotvnews.com/Nurul

Metrotvnews.com, Jombang: Ribuan santri dari pondok pesantren yang ada di Kabupaten Jombang, mengikuti kirab aktualisasi resolusi jihad yang diadakan Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, jawa Timur, Sabtu 5 November 2016.

Kabag Ops Polres Jombang, Kusen Hidayat, mengatakan jumlah peserta kirab diperkirakan berjumlah 15.000 orang.

Pantauan Metrotvnews.com, para santri yang tergabung dalam laskar-laskar tersebut berangkat dari Lapangan Kecamatan Diwek yang merupakan titik kumpul menuju Ponpes Tebuireng yang berjarak dua kilometer.

Dalam perjalanan para santri mendapat pengawalan dari personel satuan lalu lintas Polres jombang. Para santri juga menunjukan kebolehannya dalam atraksi pencak silat, mulai dari gerakan silat hingga aksi jungkir balik di sepanjang jalan yang dilalui.



Saat akan memasuki kawasan Ponpes Tebuireng Jombang, para santri disambut puluhan santri yang menyanyikan lagu Syubbanul Wathan serta diiringi puluhan santri yang memainkan rebana.

Aktualisasi resolusi jihad merupakan refleksi dari perjuangan melawan penjajah yang digagas K.H. Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU). 

Adapun resolusi jihad yang dilakukan Ponpes Tebuireng ini meliputi empat pembahasan, yakni kedaulatan negara, pendidikan, ekonomi, dan digital. Rapat akbar dihadiri seluruh kiai NU di Indonesia.


(UWA)