Tersangka Korupsi Uang Persediaan DPRD Situbondo Ditahan

Antara    •    Rabu, 14 Nov 2018 15:53 WIB
kasus korupsi
Tersangka Korupsi Uang Persediaan DPRD Situbondo Ditahan
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Situbondo: Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Situbondo, Jawa Timur, menahan dua staf DPRD Situbondo. Mereka diduga terlibat korupsi penggunaan Uang Persediaan (UP) Tahun Anggaran 2017.

Kasus dugaan korupsi penggunaan UP di Sekretariat DPRD Situbondo tersebut segera rampung. Penyerahan tersangka serta barang bukti dari penyidik ke jaksa penuntut umum (JPU) akan segera dilakukan.

"JPU menggunakan haknya menahan dua tersangka di rutan yang nantinya akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya," ujar Kasi Pidana Khusus Kejari Situbondo Reza
Aditya Wardhana di Situbondo, Rabu, 14 November 2018.

Dua tersangka masing-masing berinisial IW yang merupakan Bendahara Sekretariat DPRD Situbondo dan HK seorang staf DPRD Situbondo. Kerugian uang negara atas kasus dugaan korupsi penggunaan uang persediaan itu mencapai Rp403 juta.

Berkas direncanakan akan dilimpahkan Pengadilan Tipikor Surabaya selambat-lambatnya satu pekan ke depan.

Dua staf Sekretariat DPRD Situbondo ini ditetapkan sebagai tersangka setelah sebelumnya diperiksa penyidik kejaksaan. Selain kedua tersangka, penyidik juga memeriksa sejumlah saksi lainnya terkait kasus tersebut.

Reza tidak menutup kemungkinan akan pejabat lain yang bakal terseret dalam pusaran kasus ini. Semua tergantung ke fakta persidangan yang berhasil diungkap.


(SUR)