Jokowi-Ma'ruf Diyakini Menang Besar di Jatim

Syaikhul Hadi    •    Minggu, 14 Oct 2018 01:17 WIB
pilpres 2019
Jokowi-Ma'ruf Diyakini Menang Besar di Jatim
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan). Foto: Antara/Hafidz Mubarak.

Surabaya: Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin diyakini menang besar di Jawa Timur pada Pilpres 2019. Ketua Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) Jawa Timur menyebut banyak mantan pendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2014, mulai beralih dukungan.

Menurut dia, beberapa kepala daerah petahana maupun terpilih juga sudah menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf. Salah satunya, gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

"Kontestasi politiknya mengarah ke Pak Jokowi," ungkap Ketua KAPT Jawa Timur Ermawan Wibisono saat konferensi pers deklarasi dukungan bersama 20 relawan di Surabaya, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Ermawan mengklaim beberapa kepala daerah dan tokoh publik yang sebelumnya mendukung Prabowo, kini beralih kepada Jokowi. Ia juga mengaku mendengar informasi beberapa kepala daerah yang sudah tidak menjabat pun mendukung petahana. "Mudah-mudahan benar.". 

Erwaman mengatakan kekuatan suara di kalangan Madura juga bakal mengarah ke Jokowi-Ma'ruf, misalnya, M. Makmun Ibnu Fuad atau Ra Momon yang sudah didapuk menjadi ketua Barisan Relawan Jokowi (Bara JP) Bangkalan. Kemudian, mantan Ketua DPC Gerindra Pamekasan Agus Sujarwadi yang juga ditunjuk menjadi ketua Bara JP Pamekasan.

Informasi itu dibenarkan Ketua Bara JP Jawa Timur, Gianto Wijaya yang ikut bergabung dengan Komunitas Relawan Jawa Timur. Menurut Gianto, tidak hanya penguasa Bangkalan, tokoh yang ada di Pamekasan dan Sampang juga menjadi bagian dari Bara JP, salah satunya, mantan Ketua DPC Gerindra Pamekasan.

“Memang, penguasa Bangkalan, mantan bupati sudah menjadi ketua Bara JP, khusus Madura, Ra Momon. Tapi untuk Sumenep sudah kita lepas karena ada Pak Said Abdullah (tokoh PDI Perjuangan Sumenep)," tambah Gianto.

Merujuk pada data dukungan besar dari sejumlah kepala daerah terpilih dan tokoh yang ada, koalisi Relawan Jawa Timur optimistis petahana bisa merebut 70 persen suara.


(AGA)