Perbaikan Tanggul Lumpur Sidoarjo Diharap Selesai Sebelum Musim Hujan

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 09 Oct 2018 15:33 WIB
semburan lumpur
Perbaikan Tanggul Lumpur Sidoarjo Diharap Selesai Sebelum Musim Hujan
Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito saat ditemui di kantornya Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, 9 Oktober 2018. Medcom.id/ Syaikhul Hadi.

Sidoarjo: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur berharap perbaikan tanggul penahan lumpur Sidoarjo bisa selesai sebelum musim hujan. 

Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito mengatakan, ada hal yang harus diantisipasi sebelum musim hujan datang. Adalah adanya penurunan tanggul di titik 67-68 desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin.

"PPLS sudah mengupayakan untuk perbaikan dan peninggian tanggul agar tidak meluber ke rumah warga. Mudah-mudahan ini bisa diselesaikan sebelum datang musim hujan," kata Dwijo di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, 9 Oktober 2018.

Baca: Tanggul Lumpur Longsor di Sidoarjo Diperbaiki

Dwijo menjelaskan, pasca penurunan tanah (tanggul) beberapa waktu lalu, pihaknya terus melakukan pengecekan terhadap tanggul tersebut. Bahkan, PPLS juga sudah melakukan peninggian tanggul untuk mengantisipasi melubernya air dan lumpur ke permukiman warga. 

"Kami di sini hanya mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi, PPLS sudah berusaha mengurangi debit air dengan cara overflow, dan dialirkan ke sungai Porong. Sampai dilakukannya perbaikan dan peninggian tanggul," jelas Dwijo.

Baca: Setelah Tanggul Longsor, Warga Rasakan Getaran dan Dinding Rumah Retak


(DEN)